Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PARA PIHAK DALAM PENGGUNAAN LAYANAN EQUITYCROUWDFUNDING DALAM PENAWARAN SAHAM MELALUI MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI_133 Dagang 2023

MAULANA, KEVIN FADIL and Mahmudah, Siti and Rahmanda, Bagus (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PARA PIHAK DALAM PENGGUNAAN LAYANAN EQUITYCROUWDFUNDING DALAM PENAWARAN SAHAM MELALUI MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI_133 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Equity Crowdfunding saat ini memiliki potensi yang sangat besar untuk dapat menjadi sumber pengumpulan dana, dimana penggunan yang relative mudah dan dapat diakses oleh semua orang melalui internet menjadi suatu keuntungan tersendiri bagi para investor namun dalam penggunaannya terdapat para pihak yang terdiri dari penyelenggara, penerbit dan pemodal yang tentunya memerlukan perlindungan hukum dalam menggunakan layanan equity crowdfunding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan layanan equity crowdfunding dalam penawaran saham melalui media teknologi informasi serta bagaimana bentuk perlindungan hukum bagi para pihak dalam transaksi equity crowdfunding di Indonesia melalui penawaran saham berbasis teknologi informasi (equity crowdfunding). Metode Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis normatif yang membahas doktrin-doktrin atau asas-asas yang ada dalam ilmu hukum serta mengacu kepada hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hasil penelitian dalam penulisan hukum ini ditemukan bawasanya layanan equity crowdfunding merupakan suatu bentuk layananan pengumpulan dana yang dilakukan oleh pelaku usaha guna memperoleh pendanaan dari pasar modal. Dalam layanan equity crowdfunding diatur dalam POJK No. 57/POJK.04/2020 tentang Penawaran Efek Melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi Informasi serta adanya suatu upaya perlindungan konsumen dapat meningkatkan rasa aman bagi pengguna layanan equity crowdfunding melalui beberapa peraturan.

Kata Kunci: Layanan Urun Dana, Financial Technology, Equity Crowdfunding

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 25 Oct 2023 05:33
Last Modified: 25 Oct 2023 06:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16078

Actions (login required)

View Item View Item