Search for collections on Undip Repository

Hubungan Persen Lemak Tubuh, Aktivitas Fisik, dan Kebiasaan Konsumsi Kopi terhadap Tingkat Dismenorea pada Santriwati Usia 17-25 Tahun

Nofrianti, Ariska and Pramono, Adriyan and Marfu’ah Kurniawati, Dewi and Tri Susilo, Mursid Hubungan Persen Lemak Tubuh, Aktivitas Fisik, dan Kebiasaan Konsumsi Kopi terhadap Tingkat Dismenorea pada Santriwati Usia 17-25 Tahun. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Ariska Nofriani.pdf

Download (239kB)
[img] Text
Abstrak-Ariska Nofriani.pdf

Download (239kB)

Abstract

Latar Belakang: Tingkat dismenorea pada santriwati remaja merupakan masalah kesehatan yang diduga berkaitan dengan persen lemak tubuh berlebih yang disebabkan oleh rendahnya aktivitas fisik serta kebiasaan konsumsi kopi yang diduga dapat menurunkan oksigen dalam darah dan meningkatkan kejadian nyeri saat menstruasi.

Tujuan: Menganalisis hubungan persen lemak tubuh, aktivitas fisik, dan kebiasaan konsumsi kopi terhadap tingkat dismenorea pada santriwati usia 17-25 tahun.

Metode: Penelitian kuantitatif dengan metode survei analitik atau observasional dan menggunakan desain penelitian cross sectional pada 81 santriwati Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu Semarang yang berusia 17-25 tahun dan memenuhi kriteria inklusi, setiap subjek diberikan kuesioner tingkat dismenorea, aktivitas fisik, dan diwawancarai terkait asupan makanan dan minuman dengan Semi Quantitative Food Frequency Questionnaire. Berat badan dan persen lemak tubuh diukur menggunakan Bioelectrical Impedance Analysis. Analisis statistik yang digunakan yaitu uji korelasi Pearson (persen lemak tubuh terhadap tingkat dismenorea) dan Spearman (aktivitas fisik dan kebiasaan konsumsi kopi terhadap tingkat dismenorea).

Hasil: Terdapat hubungan antara aktivitas fisik dengan tingkat dismenorea (p=0,000, r=-0,423), namun tidak terdapat hubungan antara persen lemak tubuh dan kebiasaan konsumsi kopi dengan tingkat dismenorea (p=0,056, r=0,213; p=0,172, r=0,153).

Simpulan: Terdapat hubungan antara aktivitas fisik dengan tingkat dismenorea.

Kata Kunci: tingkat dismenorea, persen lemak tubuh, aktivitas fisik, kebiasaan konsumsi kopi, santriwati

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 07 Sep 2023 00:55
Last Modified: 07 Sep 2023 00:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16076

Actions (login required)

View Item View Item