Search for collections on Undip Repository

Potensi Camilan Cokelat Gonad Landak Laut (Diadema setosum) terhadap Kadar Hemoglobin, Berat Badan, Berat Otak, Volume Otak, dan Jumlah Sel Otak Mencit (Mus musculus)

Aliyyu Denaldo, Azahra and Syauqy, Ahmad and Pringgenies, Delianis Potensi Camilan Cokelat Gonad Landak Laut (Diadema setosum) terhadap Kadar Hemoglobin, Berat Badan, Berat Otak, Volume Otak, dan Jumlah Sel Otak Mencit (Mus musculus). -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Azahra Aliyyu.pdf

Download (298kB)

Abstract

Latar Belakang: Terbukti bahwa gonad landak laut dapat meningkatkan berat badan mencit dan memberikan peningkatan persentase sel neuron dan hemoglobin yang signifikan.
Tujuan: Mengetahui kandungan asam amino pada produk cokelat gonad Diadema setosum dan pengaruhnya terhadap berat badan, jumlah hemoglobin, berat otak, volume otak, jumlah sel neuron subjek Mus musculus.
Metode: Kandungan asam amino produk cokelat gonad D. setosum dianalisis dengan metode kromatografi cair kinerja tinggi dengan pemberian ransum gonad landak laut 0,5, 1, dan 1,5 g/subjek/hari dan dengan minyak ikan pada kelompok tikus yang berbeda selama 70 hari. Tikus diukur berat badan, jumlah hemoglobin, jumlah sel neuron, berat dan volume otak dan jumlah sel otak dengan metode histologi. Terdapat juga kelompok subjek khusus yang diberi perlakuan dengan minyak ikan.
Result: Hasil analisis persentase asam amino dari kadar tertinggi ke terendah adalah: alanin, asam glutamin, glisin, valin, asam aspartat, leusin, serin, I-leusin, tirosin, fenilalanin, treonin dan arginin.
Perkembangan berat badan tinggi pada perlakuan K- (39,4 g). Jumlah hemoglobin tertinggi pada perlakuan P2 (13,15 g/dL). Berat otak tertinggi pada kelompok perlakuan K- (0,485g). Volume otak pada P3 (3,25 ml). Jumlah sel neuron subjek tertinggi pada kelompok perlakuan P2 (838). Analisis statistik menunjukkan bahwa tidak ada perubahan yang signifikan pada berat badan, jumlah hemoglobin, berat otak, dan volume otak meskipun ada perubahan penting pada jumlah sel neuron.
Kesimpulan: Pemberian cokelat gonad D. setosum perlakuan P2 (1,0 g cokelat gonad D. setosum) memberikan kadar hemoglobin dan jumlah sel neuron yang paling signifikan. Volume otak ditemukan tertinggi pada kelompok P3 (1,5 g cokelat gonad D. setosum).
Kata Kunci : cokelat gonad D. setosum, asam amino, hemoglobin, otak, sel neuron

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 07 Sep 2023 00:46
Last Modified: 07 Sep 2023 00:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16075

Actions (login required)

View Item View Item