Search for collections on Undip Repository

PERBAIKAN SALAH KIRIM BARANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA (Studi Kasus Pada PT. Pos Indonesia Kantor Sentral Pengolahan Pos Semarang 50400)

Anjani, Heppy (2023) PERBAIKAN SALAH KIRIM BARANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA (Studi Kasus Pada PT. Pos Indonesia Kantor Sentral Pengolahan Pos Semarang 50400). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (80kB)

Abstract

PT. Pos Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dalam layanan jasa.
Perusahaan jasa dituntut untuk memenuhi standar kualitas agar menciptakan nilai
yang diinginkan pelanggan sehingga pelanggan merasa puas. Peneliti melakukan
penelitian di PT. Pos Kantor Sentral Pengolahan Pos (SPP) Semarang dan pada saat
melakukan pengamatan ditemukan permasalahan terkait dengan salah kirim barang
yang mengakibatkan kerugian dan menurunnya tingkat loyalitas pelanggan. Tujuan
dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi, mengukur, menganalisis, dan
memberikan solusi perbaikan terhadap permasalahan tersebut. Metode yang
digunakan yaitu six sigma DMAIC. Berdasarkan hasil penelitian teridentifiksi
adanya permasalahan dalam pemrosesan barang yang dilakukan oleh petugas
bagian outgoing yang menyebabkan salah kirim barang. Terdapat dua titik yang
berada di luar kendali. Nilai DPMO salah kirim barang dari bulan April-September
2022 sebesar 281,003 dan nilai sigma sebesar 4,99. Salah kirim barang disebabkan
oleh fakor man, environment, machine, method. Perbaikan dilakukan dengan cara
memperbaiki faktor-faktor yang menjadi penyebab salah kirim barang. Tingkat
salah kirim barang pada PT. Pos Indonesia Kantor SPP Semarang tergolong dalam
kategori baik. Namun, perlu terus menerus melakukan peningkatan kualitas agar
mencapai zero defect karena perusahaan bergerak di bidang jasa yang tentu saja
mengandalkan kualitas pelyanannya.
Kata Kunci: Kualitas, Salah kirim barang, Six Sigma DMAIC

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Salah kirim barang, Six Sigma DMAIC
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: School of Vocation > Diploma in Management
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 06 Sep 2023 08:05
Last Modified: 13 Sep 2023 03:06
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16072

Actions (login required)

View Item View Item