Search for collections on Undip Repository

Analisis Kadar Pati, Pati Resisten, dan Daya Cerna Pati Formula Enteral Berbasis Tepung Sorgum dan Tepung Kedelai “Gumcine” sebagai Pangan Fungsional untuk Diabetes Mellitus

Nabillah, Almaas and Rustanti, Ninik and Nissa, Choirun and Sandi Wijayanti, Hartanti and Mustaqimatusy Syahadah, Muti’ah Analisis Kadar Pati, Pati Resisten, dan Daya Cerna Pati Formula Enteral Berbasis Tepung Sorgum dan Tepung Kedelai “Gumcine” sebagai Pangan Fungsional untuk Diabetes Mellitus. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Almaas Nabillah.pdf

Download (230kB)

Abstract

Latar belakang: Lebih dari 30% pasien diabetes mengalami hiperglikemia selama menerima gizi enteral di rumah sakit. Oleh karena itu, beberapa hal yang perlu diperhatikan pada asupan penderita DM selain asupan makronutrien yaitu gizi kualitatif seperti amilosa, amilopektin, pati resisten, dan daya cerna pati yang berkontribusi dalam peningkatan kadar glukosa darah pasien.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan kadar pati total, amilosa, amilopektin, pati resisten, dan daya cerna pati formula enteral “GUMCINE” dan formula enteral komersial.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor berdasarkan tiga variasi komposisi tepung sorgum dan tepung kedelai yaitu A (48,9% : 12,3%), B (49,6%:12,4%), dan C (50% : 14,3%) kemudian dibandingkan dengan formula D (formula enteral komersial). Analisis statistika menggunakan uji One Way ANOVA. Uji lanjut menggunakan uji Tukey dan uji Duncan.
Hasil: Kadar pati total, amilopektin, pati resisten, dan daya cerna pati formula A, B, dan C memiliki perbedaan signifikan dengan formula D. Formula C memiliki kadar amilosa (3,25%) dan pati resisten (8,96%) tertinggi serta amilopektin (20,66%) dan daya cerna pati (15,08%) terendah.
Simpulan: Kadar amilosa dan pati resisten meningkat serta amilopektin dan daya cerna pati menurun seiring meningkatnya tepung sorgum dan kedelai. Formula enteral “GUMCINE” memiliki kadar pati total, amilosa, pati resisten lebih tinggi dan daya cerna pati lebih rendah dibandingkan formula D.

Kata kunci: diabetes melitus, formula enteral, sorgum, kedelai, pati

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 06 Sep 2023 06:57
Last Modified: 06 Sep 2023 06:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16047

Actions (login required)

View Item View Item