Search for collections on Undip Repository

PRINSIP RESPONSIBILITY TO PROTECT PERSERIKATAN BANGSA-BANGSA DALAM GENOSIDA ROHINGYA SEBAGAI KASUS PELANGGARAN HAK ASASI MANUSIA BERAT_033 HI 2023

AYURVEDA, DIVA and Samekto, FX. Adji and Setiyono, Joko (2023) PRINSIP RESPONSIBILITY TO PROTECT PERSERIKATAN BANGSA-BANGSA DALAM GENOSIDA ROHINGYA SEBAGAI KASUS PELANGGARAN HAK ASASI MANUSIA BERAT_033 HI 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Diva Ayurveda_cover.pdf

Download (528kB)
[img] Text
Diva Ayurveda_abstrak.pdf

Download (214kB)
[img] Text
Diva Ayurveda_bab 1.pdf

Download (322kB)
[img] Text
Diva Ayurveda_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
Diva Ayurveda_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] Text
Diva Ayurveda_bab 4.pdf

Download (83kB)
[img] Text
Diva Ayurveda_dapus.pdf

Download (280kB)

Abstract

Masyarakat Rohingya, salah satu kelompok etnis di Myanmar, telah mengalami berbagai macam bentuk kekerasan dan diskriminasi akibat daripada tindakan yang dilakukan oleh Pemerintah Myanmar yang berujung pada aksi genosida. Penulisan hukum ini menggunakan pendekatan yuridis nomatif. Spesifikasi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah preskriptif dimana memiliki tujuan untuk mencari ataupun menawarkan solusi atas kasus. Dengan jenis data, data sekunder yang dikumpulkan secara studi kepustakaan dan kajian dokumen. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan analisis yang dilandaskan pada Pasal 6 Statuta Roma, krisis kemanusiaan yang terjadi terhadap masyarakat etnis Rohingnya adalah benar merupakan pelanggaran hak asasi manusia berat berupa genosida, sebab telah memenuhi unsur-unsur genosida. Dalam hal ini, Pemerintah Myanmar secara sistematis telah membunuh, menyebabkan kehancuran fisik terhadap kelompok, dan melakukan tindakan pencegahan kelahiran pada etnis Rohingya. Untuk menghentikan genosida ini, Perserikatan Bangsa-Bangsa harus bertindak menggunakan prinsip Responsibility to Protect melalui intervensi ekonomi dan politik. Intervensi tersebut harus dilakukan dengan lebih tegas dan kompak demi menghentikan segala bentuk kekerasan terhadap masyarakat etnis Rohingya di Myanmar yang berbentuk negosiasi, embargo militer, dan pembekuan aset seluruh warga negara Myanmar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Genosida, Rohingya, Prinsip Responsibility to Protect
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: fahimah FH
Date Deposited: 25 Oct 2023 05:33
Last Modified: 25 Oct 2023 06:43
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16032

Actions (login required)

View Item View Item