Search for collections on Undip Repository

PENGARUH LEVERAGE, DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2019-2021

Widoasti, Yoland Sam (2023) PENGARUH LEVERAGE, DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2019-2021. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
S_YOLAND SAM WIDOASTI.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text
COVER_YOLAND SAM WIDOASTI.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text
BAB I_YOLAND SAM WIDOASTI.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text
DAPUS_YOLAND SAM WIDOASTI.pdf - Published Version

Download (186kB)

Abstract

Pajak merupakan sumber pendapatan penting bagi Indonesia, dengan kontribusi sebesar 70% dari seluruh penerimaan negara. Agresivitas pajak merupakan tindakan perusahaan untuk meminimalkan beban pajak yang harus dibayarkan, baik secara legal maupun ilegal. Dalam laporan yang dilakukan oleh IMF, Indonesia menduduki peringkat 11 terbesar dalam agresivitas pajak, dengan perusahaan-perusahaan di negara ini menghindari pembayaran pajak sekitar 6,48 miliar dolar AS.
Agresivitas pajak muncul karena perbedaan kepentingan antara perusahaan dan pemerintah, serta dipengaruhi oleh karakteristik keuangan dan tata kelola perusahaan. Dalam mengurangi agresivitas pajak, penting untuk menerapkan tata kelola perusahaan yang baik, seperti good corporate governance. Corporate governance melibatkan komisaris independen dan komite audit yang berperan dalam pengawasan perusahaan dan pemantauan pelaporan keuangan. Selain itu, leverage juga dapat mempengaruhi agresivitas pajak, karena perusahaan dengan tingkat leverage tinggi cenderung membayar pajak yang lebih kecil.
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh leverage dan corporate governance terhadap agresivitas pajak pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2017-2019 dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dan hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa leverage, Komisaris Independen, dan Komite Audit berpengaruh terhadap nilai agresivitas pajak.

Kata kunci : Corporate governance, leverage, dan agresivitas pajak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Corporate governance, leverage, dan agresivitas pajak
Subjects: Economics and Business > Accounting
Economics and Business
Divisions: School of Vocation > Diploma in Taxation
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 06 Sep 2023 03:13
Last Modified: 02 Oct 2023 03:40
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16031

Actions (login required)

View Item View Item