Search for collections on Undip Repository

PENYELESAIAN SENGKETA “DART GLOBAL LOGISTIC” DALAM PERSPEKTIF PERLINDUNGAN HAK MEREK (STUDI PUTUSAN NOMOR 36/PDT.SUS-MEREK/2020/PN.NIAGA.JKT.PST). -137 Dagang 2023

Agustin, Gilang Dicky and Santoso, Budi and Mahmudah, Siti (2023) PENYELESAIAN SENGKETA “DART GLOBAL LOGISTIC” DALAM PERSPEKTIF PERLINDUNGAN HAK MEREK (STUDI PUTUSAN NOMOR 36/PDT.SUS-MEREK/2020/PN.NIAGA.JKT.PST). -137 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Merekmerupakan media pembedaantarabanyaknyabisnis yang adasaatini. Merekmemilikimanfaatkomersial yang tinggi dalam menjalankan suatu bisnis, oleh karena itu saat ini banyak sekali para pihak yang menyalah gunakan merek yang ada untuk untuk keuntungan pribadinya dengan cara menjiplak atau meniru. Salah satunya adalah sengketa merek antara DART GLOBAL LOGISTIC melawan DART GLOBAL LOGISTIC. Terjadinya sengketa ini dikarenakan Pihak Tergugat memiliki itikad tidak baik dan merek DART GLOBAL LOGISTIC miliknya memiliki persamaan pada pokoknya dengan Penggugat. Atas dampak ini tentunya menimbulkan kerugian secara material dan immateriil. Pada sengketa merek ini, terdapat itikad tidak baik yang dilakukan oleh Tergugat yang merugikan pihak Penggugat

Metode dalam penulisan penelitian ini adalah metode yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan dan konseptual. Jenis data yang dipakai adalah data kualitatif yang menggunakan sumber data sekunder. Data sekunder terdiri atas bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Metode pengumpulan data sekunder dilakukan melalui studi kepustakaan.

Pada hasil penelitian ini, Penulis menemukan bahwasannya merek oleh Tergugat memiliki persamaan pada pokoknya, baik bentuk, bunyi ucapan dan konseptualnya. Terdapat juga itikad tidak baik dikarenakan ternyata Tergugat sebelumnya mengetahui eksistensi atas merek milik Penggugat sudah lebih dahulu ada namun tetap dilakukan pendaftaran merek oleh Tergugat.

Kata Kunci: Merek, Persamaan, Sengketa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 25 Oct 2023 05:33
Last Modified: 25 Oct 2023 05:33
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16016

Actions (login required)

View Item View Item