Search for collections on Undip Repository

Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Swamedikasi Nyeri Menstruasi (Dismenorea) pada Mahasiswa Kesehatan dan non-Kesehatan di Universitas Diponegoro

Rahma, Sabila Aulia and Annisaa', Eva and Dini, Intan Rahmania Eka (2023) Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Swamedikasi Nyeri Menstruasi (Dismenorea) pada Mahasiswa Kesehatan dan non-Kesehatan di Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak_Sabila Aulia Rahma)
Abstrak_Sabila Aulia Rahma.pdf

Download (139kB)

Abstract

Latar Belakang: Menstruasi adalah perubahan fisiologis pada wanita yang dipengaruhi oleh hormon reproduksi yang terjadi secara berkala, mulai dari menarche sampai menopause. Ketika mengalami menstruasi, wanita akan merasakan salah satu gejala nyeri yang disebut dengan dismenorea. Salah satu upaya yang sering dilakukan adalah dengan melakukan pengobatan sendiri (swamedikasi). Swamedikasi terhadap nyeri menstruasi membutuhkan pengetahuan yang baik agar swamedikasi dapat dilakukan dengan baik dan benar. Tujuan: Mengetahui hubungan pengetahuan terhadap perilaku swamedikasi nyeri menstruasi (dismenorea) pada mahasiswa kesehatan dan mahasiswa non-kesehatan di UNDIP. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dan bersifat deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pada penelitian ini pengambilan data dilakukan dengan Teknik purposive sampling, sedangkan instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Data kemudian diolah menggunakan uji Chi-square dan Mann-whitney. Hasil: Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan mahasiswa kesehatan di Universitas Diponegoro tergolong tinggi (93%), sedangkan pada mahasiswa non-Kesehatan juga tergolong tinggi (82%). Perilaku swamedikasi nyeri menstruasi pada mahasiswa kesehatan tergolong baik (71%) dan pada mahasiswa non-Kesehatan sebagian tergolong baik (44%). Terdapat perbedaan skor yang signifikan pada pengetahuan (p<0,001) dan perilaku (p<0,001) serta terdapat hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku pada mahasiswa kesehatan dan non-Kesehatan. Kesimpulan: Tingkat Pengetahuan berhubungan dengan perilaku swamedikasi nyeri menstruasi.
Kata kunci: Nyeri, Menstruasi, Dismenorea, Swamedikasi, Mahasiswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nyeri, Menstruasi, Dismenorea, Swamedikasi, Mahasiswa
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:50
Last Modified: 15 Sep 2023 03:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15999

Actions (login required)

View Item View Item