Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PROMOSI PENJUALAN, DAN KUALITAS PELAYANAN ELEKTRONIK TERHADAP MINAT BELI ULANG DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Konsumen Tokopedia di Semarang)

PUSPITA, Dinda Ayu (2023) PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PROMOSI PENJUALAN, DAN KUALITAS PELAYANAN ELEKTRONIK TERHADAP MINAT BELI ULANG DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Konsumen Tokopedia di Semarang). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12010117130077.pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010117130077.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010117130077.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010117130077.pdf - Published Version

Download (267kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010117130077.pdf - Published Version

Download (438kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___1201011713007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi, komunikasi dan informasi yang pesat di dunia
membuat sebuah bisnis harus mengadaptasi perubahan teknologi salah satunya
memanfaatkan internet dengan E-commerce. E-Commerce dapat memberikan
kontribusi bagi UMKM seperti memperluas pangsa pasar, mengurangi biaya
operasional seperti biaya sewa toko, biaya pemasaran dan logistik, dan lainnya.
Pertumbuhan e-commerce yang tinggi di Indonesia meningkatkan peluang
sekaligus memperketat persaingan. Salah satu e-commerce yang berkembang di
Indonesia yaitu Tokopedia. Tokopedia selalu berada di peringkat pertama ecommerce yang sering dikunjungi tiap bulannya dan selalu mendapatkan predikat
Top Brand pada ajang Top Brand Award. Meskipun selalu mendapatkan predikat
Top Brand, Tokopedia masih belum dapat menjadi posisi pertama. Bahkan pada
tahun 2019 dan 2020 Top Brand Indeks (TBI) Tokopedia menurun. Tokopedia juga
diduga mengalami penurunan Minat Beli Ulang yang ditunjukkan dengan
penurunan jumlah pengunjung pada web mereka. Selain itu, masih terdapat banyak
keluhan dari konsumen yang telah berbelanja di Tokopedia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
Kemudahan Penggunaan, Promosi Penjualan, dan Kualitas Pelayanan Elektronik
terhadap Minat Beli Ulang dengan menggunakan Kepuasan Pelanggan sebagai
variabel mediasi pada konsumen Tokopedia di Semarang. Teknik penentuan
sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan purposive
sampling sebagai metode pengambilan sample. Jumlah sampel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah 125 responden dengan kriteria antara lain responden
pernah melakukan pembelian di Tokopedia minimal satu kali, berdomisili di Kota
Semarang, dan berusia 17-58 tahun. Data penelitian ini diperoleh dengan
membagikan kuesioner secara online melalui google form. Terdapat empat
hipotesis dalam penelitian ini yang dianalisis dan diuiji dengan teknik analisis
Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan program Analysis of
Moment Structure (AMOS).
Hasil dari pengujian terhadap empat hipotesis yang diajukan menunjukkan
bahwa keempat hipotesis diterima, yaitu Kemudahan Penggunaan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, Promosi Penjualan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, Kualitas
Pelayanan Elektronik berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan
Pelanggan, dan Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Minat Beli Ulang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemudahan Penggunaan, Promosi Penjualan, Kualitas Pelayanan Elektronik, Kepuasan Pelanggan, Minat Beli Ulang
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 05 Sep 2023 04:09
Last Modified: 05 Sep 2023 04:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15993

Actions (login required)

View Item View Item