Search for collections on Undip Repository

PEMBUATAN MEDIA BELAJAR MENGHAFAL KANJI N4 MELALUI GAME ULAR TANGGA WAKU-WAKU SUGOROKU: PEMBUATAN SOAL DAN KUESIONER ワクワクスゴロクというゲームボードを通してN4漢字の覚え 方メディアの作り方:問題とアンケートの作成

AFIFURROHMAN, NUR (2023) PEMBUATAN MEDIA BELAJAR MENGHAFAL KANJI N4 MELALUI GAME ULAR TANGGA WAKU-WAKU SUGOROKU: PEMBUATAN SOAL DAN KUESIONER ワクワクスゴロクというゲームボードを通してN4漢字の覚え 方メディアの作り方:問題とアンケートの作成. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
S_NUR AFIFURROHMAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK_NUR AFIFURROHMAN.pdf - Published Version

Download (214kB)

Abstract

Sulitnya mempelajari kanji dalam bahasa Jepang cenderung berdampak
pada minimnya kemampuan membaca dan menulis mahasiswa. Dalam proses
pembelajaran kanji diperlukan media khusus guna mempermudah pembelajaran.
Projek ini dibuat untuk memfasilitasi pembelajaran kanji dalam bahasa Jepang.
Projek ini berjudul WAKU-WAKU SUGOROKU merupakan permainan ular
tangga yang disusun untuk menunjang pembelajaran kanji N4. Metode yang
digunakan dalam projek ini adalah metode Reseach and Development. Pada projek
ini dilakukan pengumpulan data berdasarkan potensi dan masalah yang ada pada
pembelajar kanji. Kemudian projek disusun dengan membuat konsep dan desain
permainan. Setelah tersusun produk dilakukan validasi. Dalam validasi desain dan
konsep terdapat revisi pada warna dan bahan papan permainan yang digunakan.
Dari hasil evaluasi produk dilakukan perbaikan agar produk permainan layak
diujicobakan terhadap mahasiswa. Pembuatan soal menggunakan referensi dari
buku Kiat Sukses Mudah dan Praktis mencapai N4, website Bahasa Jepang
Bersama, dan aplikasi Kanji Study. Soal yang dibuat mengikuti jumlah kotak dalam
permainan ular tangga yaitu berjumlah 100 soal. Soal terdiri dari tiga model yaitu,
membaca kanji dalam bahasa Jepang, membaca kanji dalam bahasa Indonesia, dan
menebak jumlah goresan kanji. Dengan adanya variasi pada soal tersebut
diharapkan pemain dapat menikmati permainan dan tidak merasa bosan.
Dalam pembuatan media pembelajaran bahasa Jepang dalam permainan
ular tangga kanji N4 WAKU-WAKU SUGOROKU ini dibagi menjadi 2 tugas. Yang
pertama bertugas dalam pembuatan desain dan konsep dari permainan ular tangga
kanji N4 dimulai dari pembuatan konsep permainan, pemilihan media, desain
produk, petunjuk permainan, dan packaging permainan. Yang kedua pembuatan
soal dan kuesioner. Dalam pembuatan soal, dipilih soal kanji N4 untuk
meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mahasiswa. Oleh sebab itu, dipilih
soal-soal kanji N4 yang sering keluar pada ujian JLPT dan buku ajar mahasiswa
yaitu, buku marugoto. Hal ini bertujuan untuk mengingatkan kembali mahasiswa
mengenai kanji yang telah mereka pelajari. Lalu untuk bagian kuesioner yang
ditentukan ini berupa kuesioner tertutup dengan skala jawaban hanya YA dan
TIDAK. Para pemain mengisi kuesioner tentang permainan game WAKU-WAKU
SUGOROKU yang meliputi aspek permainan berupa desain, soal dan keseluruhan
permainan berupa respon pemain setelah bermain. Hasil dari proyek ini adalah
berupa permainan ular tangga untuk menunjang pembelajaran Kanji N4.
Berdasarkan uji coba permainan ular tangga ini efektif dan efisien sebagai media
pembelajaran kanji N4. Para pemain menilai kemampuan dalam menghafal kanji
akan meningkat dan proses belajar kanji akan lebih menyenangkan apabila dikemas
dalam bentuk permainan.
Kata kunci: Bahasa Jepang, Media Pembelajaran, Kanji

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Jepang, Media Pembelajaran, Kanji
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Japanese
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 01 Sep 2023 08:50
Last Modified: 15 Sep 2023 08:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15927

Actions (login required)

View Item View Item