Search for collections on Undip Repository

PEMBUATAN MEDIA BELAJAR MENGHAFAL KANJI N4 MELALUI GAME ULAR TANGGA WAKU-WAKU SUGOROKU: DESAIN DAN KONSEP PERMAINAN ワクワクスゴロクというゲームボードを通してN4漢字の覚え方 メディアの作り方:コンセプトとデザインの作成

NUGROHO, DHIMAS ADI (2023) PEMBUATAN MEDIA BELAJAR MENGHAFAL KANJI N4 MELALUI GAME ULAR TANGGA WAKU-WAKU SUGOROKU: DESAIN DAN KONSEP PERMAINAN ワクワクスゴロクというゲームボードを通してN4漢字の覚え方 メディアの作り方:コンセプトとデザインの作成. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
S_Dhimas Adi Nugroho.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK_Dhimas Adi Nugroho.pdf - Published Version

Download (115kB)

Abstract

Sulitnya mempelajari kanji dalam bahasa Jepang cenderung berdampak pada
minimnya kemampuan membaca dan menulis mahasiswa. Dalam proses pembelajaran
kanji diperlukan media khusus guna mempermudah pembelajaran. Projek ini dibuat untuk
memfasilitasi pembelajaran kanji dalam bahasa Jepang. Projek ini berjudul WAKU-WAKU
SUGOROKU merupakan permainan ular tangga yang disusun untuk menunjang
pembelajaran kanji N4. Metode yang digunakan dalam projek ini adalah metode Reseach
and Development. Pada projek ini dilakukan pengumpulan data berdasarkan potensi dan
masalah yang ada pada pembelajar kanji. Kemudian projek disusun dengan membuat
konsep dan desain permainan. Setelah tersusun produk dilakukan validasi. Dalam validasi
desain dan konsep terdapat revisi pada warna dan bahan papan permainan yang digunakan.
Dari hasil evaluasi produk dilakukan perbaikan agar produk permainan layak diujicobakan
terhadap mahasiswa. Pembuatan soal menggunakan referensi dari buku Kiat Sukses Mudah
dan Praktis mencapai N4, website Bahasa Jepang Bersama, dan aplikasi Kanji Study. Soal
yang dibuat mengikuti jumlah kotak dalam permainan ular tangga yaitu berjumlah 100 soal.
Soal terdiri dari tiga model yaitu, membaca kanji dalam bahasa Jepang, membaca kanji
dalam bahasa Indonesia, dan menebak jumlah goresan kanji. Dengan adanya variasi pada
soal tersebut diharapkan pemain dapat menikmati permainan dan tidak merasa bosan. Hasil
dari proyek ini adalah berupa permainan ular tangga untuk menunjang pembelajaran Kanji
N4. Berdasarkan uji coba permainan ular tangga ini efektif dan efisien sebagai media
pembelajaran kanji N4. Para pemain menilai kemampuan dalam menghafal kanji akan
meningkat dan proses belajar kanji akan lebih menyenangkan apabila dikemas dalam
bentuk permainan.
Kata kunci: Bahasa Jepang, Media Pembelajaran, Kanji

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Jepang, Media Pembelajaran, Kanji
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Japanese
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 01 Sep 2023 07:53
Last Modified: 15 Sep 2023 09:06
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15922

Actions (login required)

View Item View Item