Search for collections on Undip Repository

KONSEP DAN PENGATURAN KEBINGUNGAN MASYARAKAT DALAM PEMBATALAN MEREK DI INDONESIA_105 Dagang 2023

Wicaksono, Restu Mori and Santoso, Budi and Irawati, Irawati (2023) KONSEP DAN PENGATURAN KEBINGUNGAN MASYARAKAT DALAM PEMBATALAN MEREK DI INDONESIA_105 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Merek adalah kekayaan intelektual yang digunakan sebagai pembeda identitas dari suatu produk dengan produk lainnya dalam dunia perdagangan. Hak eksklusif merek didapatkan apabila merek tersebut telah terdaftar pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Pendaftaran merek tersebut dapat dibatalkan berdasarkan Pasal 20 dan Pasal 21 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis. Akan tetapi, peraturan tersebut tidak mengatur keharusan untuk membuktikan kebingungan masyarakat (a likelihood of confusion) sebagai akibat yang ditimbulkan oleh pelanggaran sebagaimana yang diatur dalam Article 16 paragraph 1 Agreement on Trade-Related Aspects of Intellectual Property Rights yang telah diratifikasi Indonesia.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami bagaimana konsep dan pengaturan terkait kebingungan masyarakat dalam kaitannya dengan pembatalan merek di Indonesia serta menganalisa pertimbangan hakim dalam menerapkan kebingungan masyarakat pada sengketa merek.
Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian yang bersifat deskriptif analitis. Penelitian ini dilakukan dengan studi kepustakaan terhadap bahan-bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peraturan di Indonesia belum mengatur keharusan membuktikan kebingungan dalam sengketa merek. Dalam putusan “DAUN + LUKISAN” dan “DAUN” vs. “Cap Pucuk DAUN”, penggugat telah menghadirkan saksi untuk membuktikan adanya kebingungan masyarakat (a likelihood of confusion). Namun, hakim mempertimbangkan keterangan tersebut sebagai alat bukti untuk membuktikan unsur persamaan pada pokoknya dan iktikad tidak baik.

kata kunci: merek, kebingungan, pembatalan merek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: merek, kebingungan, pembatalan merek.
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 25 Oct 2023 05:35
Last Modified: 25 Oct 2023 07:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15900

Actions (login required)

View Item View Item