Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN YURIDIS PENYELESAIAN PERMASALAHAN PT ASURANSI JIWASRAYA TERHADAP HAK-HAK PEMEGANG POLIS PASCA PENGALIHAN OLEH PT ASURANSI JIWA INDONESIA FINANCE GROUP_106 Dagang 2023

ROSIANO, RAFI ALTSANI and Saptono, Hendro and Widanarti, Herni (2023) TINJAUAN YURIDIS PENYELESAIAN PERMASALAHAN PT ASURANSI JIWASRAYA TERHADAP HAK-HAK PEMEGANG POLIS PASCA PENGALIHAN OLEH PT ASURANSI JIWA INDONESIA FINANCE GROUP_106 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Asuransi jiwa merupakan suatu perjanjian antara penanggung (perusahaan asuransi) dan tertanggung (nasabah) yang dibuat secara tertulis dalam bentuk dokumen yang disebut dengan polis. Asuransi jiwa termasuk ke dalam jenis asuransi jumlah. Sebagai contohnya adalah PT. Asuransi Jiwasraya yang berada di bawah naungan pemerintah, bediri sejak tahun 1859. Adanya asuransi merupakan pertanggungjawaban penanggung untuk mengganti rugi kepada tertanggung yang membayar premi jika terjadi kerugian karena kehilangan, kerusakan, atau ketiadaan keuntungan yang diharapkan, yang akan dideritanya karena kejadian yang tidak tentu. Pemerintah selaku pemegang saham terbesar yang disebut dengan istilah pemegang saham pengendali didalam PT. Asuransi Jiwasraya yang diwakilkan oleh Kementrian BUMN ikut turut bertanggung jawab dalam kasus gagal bayar PT. Asuransi Jiwasraya terhadap nasabah-nasabahnya. Dinyatakan collaps pada tahun 2018 hingga pada akhirnya diadakannya program restrukturisasi polis PT. Asuransi Jiwasraya. Hingga timbulnya kesepakatan para pihak untuk diadakannya pengalihan polis PT. Asuransi Jiwasraya kepada PT. Asuransi Jiwa IFG. Seharusnya pemerintah mempercepat pelaksanaan program penjamin polis agar kepentingan-kepentingan para tertanggung dapat tercapai dan terjamin. Namun, pada faktanya yang terjadi hingga saat ini belum terealisasikannya program penjaminan polis yang tercantum dalam Pasal 53 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014. Penelitian ini menggunakan metode Yuridis Normatif yang bertujuan untuk menganalisis kasus yang terjadi pada PT. Asuransi Jiwasraya menurut aturan hukum yang berlaku. Akibat hukum dari program restrukturisasi hingga pengalihan polis PT. Asuransi Jiwasraya pada PT. Asuransi Jiwa IFG, mengakibatkan hak dan kewajiban eks para tertanggung PT. Asuransi Jiwasraya sudah tidak berlaku lagi, sehingga berlakulah perjanjian polis yang baru antara eks nasabah PT. Asuransi Jiwasraya dengan PT. Asuransi Jiwa IFG.
Kata Kunci : Asuransi Jiwa, Jiwasraya, Indonesia Finance Group, Restrukturisasi Polis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Asuransi Jiwa, Jiwasraya, Indonesia Finance Group, Restrukturisasi Polis
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 25 Oct 2023 05:35
Last Modified: 26 Oct 2023 03:28
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15897

Actions (login required)

View Item View Item