Search for collections on Undip Repository

TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN SEKURITAS ILEGAL ATAS PERDAGANGAN SAHAM SECARA ELEKTRONIK TERHADAP KERUGIAN YANG DIALAMI INVESTOR._109 Dagang 2023

Parhusip, Merys Martha and Prananingtyas, Paramita and Saptono, Hendro (2023) TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN SEKURITAS ILEGAL ATAS PERDAGANGAN SAHAM SECARA ELEKTRONIK TERHADAP KERUGIAN YANG DIALAMI INVESTOR._109 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Investasisaham di pasar modal bukanlahsuatukegiatan yang hanya berfokus pada hasil yang instan dan banyaknyakeuntungan yang didapatkan. Pada prakteknya, banyak masyarakat yang menginginkan keuntungan yang nstan sehingga apabila muncul jenis investasi saham yang menjanjikan keuntungan yang besar dalam waktu yang singkat, masyarakat mudah tergiur tanpa memikirkan resiko yang akan datang kedepannya. Pihak yang menjanjikan keuntungan dalam waktu yang singkat ini pada umumnya adalah perusahaan sekuritas yang melakukan kegiatan usaha di pasar modal namun belum memiliki izin dari OJK. Perusahaan tersebut disebut dengan perusahaan sekuritas ilegal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kerugian investor dalam perdagangan saham secara elektronik yang dilakukan oleh perusahaan sekuritas illegal serta mengetahui bentuk tanggungjawab perusahaan sekuritas ilegal atas kerugian para investor. Metode pendekatan dalam penelitian hukum ini adalah yuridis empiris. Pendekatan yuridis empiris dilakukan dengan melihat kenyataan yang ada dalam praktek di lapangan. Pendekatan ini disebut juga dengan pendekatan secara sosiologis yang dilakukan secara langsung ke lapangan untuk mengetahui permasalahan yang sebenarnya terjadi lalu kemudian dihubungkan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan teori hukum yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kerugian investor dalam perdagangan saham secara elektronik yang dilakukan oleh perusahaan sekuritas ilegal ialah dalam bentuk kerugian materiil dan immateriil. Untuk kerugian materiil yakni berupa kehilangan dana yang disetorkan ke entitas tersebut. Untuk kerugian imateriil yakni dimana para investor mengalami kekecewaan dan depresi yang menyebabkan terbengkalainya pekerjaan investor. Perusahaan sekuritas ilegal dapat diminta untuk bertanggung jawab baik secara pidana dan perdata apabila melakukan pelanggaran atau perbuatan melawan hukum di pasar modal. Tanggung jawab secara perdata dapat didasarkan pada Pasal 1365KUHPerdata tentang perbuatan melawan hukum. Kemudian untuk tanggungjawab secara pidana dapat didasarkan pada pasal 103 ayat (2) jo Pasal 30 ayat (1) UU Pasar Modal.
Kata Kunci: Perdagangan Saham, Perusahaan Sekuritas Ilegal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 25 Oct 2023 05:35
Last Modified: 25 Oct 2023 08:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15872

Actions (login required)

View Item View Item