Search for collections on Undip Repository

PILIHAN GENERASI MILENIAL INDONESIA UNTUK BEKERJA DI SEKTOR NONPROFIT: STUDI FENOMENOLOGI

KRISTIFOLUS, Willibrodus Gabriel (2023) PILIHAN GENERASI MILENIAL INDONESIA UNTUK BEKERJA DI SEKTOR NONPROFIT: STUDI FENOMENOLOGI. Masters thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1.T_Cover_12010119410036.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._T_Abstrak_(Inggris)___12010119410036.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._T_Abstrak_(Indonesia)___12010119410036.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._T_Daftar_Isi___12010119410036.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._T_Daftar_Pustaka___12010119410036.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._T_Fulltext_PDF_Bookmarks___12010119410036.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Generasi milenial adalah mereka yang lahir antara tahun 1980-1994. Mereka
dikenal sebagai generasi yang mengawali penggunaan teknologi yang masif,
dimana teknologi membentuk ekosistem mereka didalam bekerja. Kemudian juga
digambarkan debagai generasi yang memiliki ekspektasi tinggi didalam bekerja,
tentu saja terkait dengan promosi dan imbal hasil. Dari sisi kepemimpinan dan
interkasi, generasi ini lebih menyukai model kepemimpinan yang selalu hadir dan
memberi arahan kepada anak buahnya. Bahkan juga menginginkan adanya
teguran dan apresiasi dari hasil kerja yang mereka lakukan. Generasi milenial
akan mengisi mayoritas tenaga kerja pada beberapa tahun kedepan. Salah satu
sektor pekerjaan yang ada adalah nonprofit. Dimana sector ini hadir untuk
mengisi pelayanan dasar bagi masyarakat yang membutuhkan. Pelayanan dasar
tersebut seringkali berkaitan dengan kebutuhan dasar seperti makanan, kesehatan,
pendidikan, dan perhatian bagi orang-orang difabel. Dalam celah itulah sektor ini
hadir. Menariknya sektor nonprofit seperti Namanya, maka tidak bertujuan meraih
keuntungan sebesar-besarnya seperti sektor profit. Sejalan dengan hal itu maka
budaya yang ada di sektor ini terlihat bertolak belakang dengan budaya kerja yang
diinginkan oleh generasi milenial. Organisasi Nonprofit sudah pasti tidak bisa
menyediakan imbal hasil yang tinggi kepada para pegawainya, apalagi memenuhi
ekspektasi para milenilal. Penelitian ini berfokus pada generasi milenial yang
memilih bekerja pada sektor nonprofit. Penelitian dilakukan dengan studi
fenomenologi terhadap enam orang narasumber. Dari penelitian ini dapat
diketahui bahwa milenial mau memilih sektor nonprofit dikarenakan, mereka mau
mengaktulisasi diri mereka, tidak sekedar memenuhi kebutuhan dasar saja. Lalu
adanya semangat pelayanan, yaitu melayani kebutuhan orang lain, dan adanya
lingkungan yang nyaman bagi pekerjaan mereka sekarang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Milenial, Aktualisasi Diri, Pelayanan
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Master Program in Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 30 Aug 2023 08:04
Last Modified: 30 Aug 2023 08:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15859

Actions (login required)

View Item View Item