Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN KARAKTERISTIK SOSIODEMOGRAFI, PENGETAHUAN, DAN SIKAP DENGAN PRAKTIK PEMBERIAN STIMULASI PERKEMBANGAN KEPADA ANAK OLEH IBU (STUDI DI KELOMPOK BKB SENDANGMULYO)

GIRSANG, ELYZABETH SYLVIANA (2023) HUBUNGAN KARAKTERISTIK SOSIODEMOGRAFI, PENGETAHUAN, DAN SIKAP DENGAN PRAKTIK PEMBERIAN STIMULASI PERKEMBANGAN KEPADA ANAK OLEH IBU (STUDI DI KELOMPOK BKB SENDANGMULYO). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ELYZABETH.pdf - Published Version

Download (426kB)

Abstract

Masa balita merupakan masa keemasan di mana anak sangat peka menerima stimulasi. Stimulasi merupakan aktivitas yang diterima dari luar diri anak untuk merangsang otak agar terbentuk perkembangan dasar. Stimulasi diberikan terus-menerus dengan memperhatikan kebutuhan anak sesuai usianya. Praktik terbentuk berdasarkan faktor predisposisi, pendukung, dan penguat. Beberapa faktor yang berperan dalam terbentuknya praktik stimulasi perkembangan adalah karakteristik sosiodemografi, pengetahuan, dan sikap ibu tentang stimulasi perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Populasi penelitian ini merupakan ibu anggota BKB yang memiliki anak berusia 1-2 tahun di Kelurahan Sendangmulyo, dengan penentuan sampel menggunakan total sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara terstruktur. Analisis data menggunakan Chi Square untuk mengetahui hubungan antar variabel bebas dengan praktik stimulasi perkembangan. Penelitian memberikan hasil bahwa tidak ada hubungan karakteristik sosiodemografi dan pengetahuan ibu tentang stimulasi dengan praktik stimulasi perkembangan dengan masing-masing nilai p > 0,05 . Sedangkan terdapat hubungan keaktifan mengikuti kegiatan BKB dan sikap ibu dengan praktik stimulasi perkembangan, dengan p < 0,05. Sikap ibu yang baik tentang stimulasi perkembangan akan menentukan praktik ibu dalam memberikan stimulasi perkembangan kepada anak. Di sisi lain, keaktifan ibu dalam mengikuti BKB memberikan dampak positif, hal ini karena dalam kegiatan BKB ibu akan menerima materi penyuluhan tentang stimulasi perkembangan.
Kata kunci: Sosiodemografi, Pengetahuan, Sikap, Stimulasi, BKB

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 30 Aug 2023 08:19
Last Modified: 30 Aug 2023 08:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15850

Actions (login required)

View Item View Item