Search for collections on Undip Repository

MODEL ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) UNTUK BARANG YANG MENGALAMI KERUSAKAN DENGAN MENGGUNAKAN FUNGSI BIAYA PENYIMPANAN YANG TIDAK KONSISTEN

Anatasya, Ega (2023) MODEL ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) UNTUK BARANG YANG MENGALAMI KERUSAKAN DENGAN MENGGUNAKAN FUNGSI BIAYA PENYIMPANAN YANG TIDAK KONSISTEN. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
Pendahuluan_Ega Anatasya - Ega Anatasya.pdf

Download (403kB)
[img] Text
Isi_Ega Anatasya - Ega Anatasya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA - Ega Anatasya.pdf

Download (111kB)

Abstract

Model Economic Order Quantity (EOQ) adalah model yang digunakan untuk mengelola sistem persediaan untuk meminimalkan biaya total yang dikeluarkan. Model EOQ yang dibahas dalam Tugas Akhir ini ialah model Economic Order Quantity (EOQ) untuk barang yang mengalami kerusakan dengan menggunakan fungsi biaya penyimpanan yang tidak konsisten. Tujuan dari model ini yaitu untuk mengetahui jumlah pemesanan, waktu pemesanan, dan biaya total persediaan. Rumus – rumus untuk model EOQ ini diformulasikan untuk menghitung biaya kerusakan, biaya penyimpanan, dan biaya total keseluruhan. Model ini akan diilustrasikan melalui simulasi numerik. Berdasarkan perhitungan menggunakan model diperoleh jumlah pemesanan yang sebaiknya dipesan oleh perusahaan adalah sebanyak 7 unit, waktu optimal satu siklus pemesanan adalah 2,7 tahun dengan biaya total persediaan selama satu periode perencanaan sebesar $98,1. Perhitungan analisis sensitivitas menunjukkan semakin tinggi nilai parameter tingkat stok yang bergantung pada kendala, elastisisitas biaya penyimpanan, dan tingkat kerusakan barang maka semakin besar biaya total persediaan yang harus dikeluarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 30 Aug 2023 05:46
Last Modified: 30 Aug 2023 05:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15840

Actions (login required)

View Item View Item