Search for collections on Undip Repository

Hubungan Porsi Makan dengan Status Gizi Santri pada Penyelenggaraan Makanan Prasmanan di Pondok Pesantren

Khairunnisa, Syafira and Pramono, Adriyan and Widyastuti, Nurmasari and Rahadiyanti, Ayu Hubungan Porsi Makan dengan Status Gizi Santri pada Penyelenggaraan Makanan Prasmanan di Pondok Pesantren. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Syafira Khairunnisa.pdf

Download (200kB)

Abstract

Latar belakang: Penyajian makanan pondok pesantren umumnya menggunakan sistem prasmanan. Sistem prasmanan berpotensi menjadikan santri cenderung untuk mengambil dan mengonsumsi makanan lebih banyak ataupun lebih sedikit sehingga dapat mengakibatkan ketidakseimbangan asupan gizi dan dalam jangka panjang dapat berpengaruh terhadap status gizi.
Tujuan: untuk mengetahui hubungan porsi makan yang meliputi energi dan zat gizi makro dengan status gizi santri pada penyelenggaraan makanan prasmanan di pondok pesantren.
Metode: Desain penelitian cross-sectional dengan subjek penelitian 90 santri SMAIT Bina Amal dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diambil adalah karakteristik subjek, asupan makan, status gizi dan siklus menu. Pengambilan data asupan makan memggunakan metode 2x24h food recall. Penentuan status gizi menggunakan parameter IMT/U. Analisis statistik menggunakan uji korelasi Pearson.
Hasil: Asupan energi, protein, lemak dan karbohidrat pada makan asrama tergolong kurang. Sebagian besar santri memiliki status gizi normal. Tidak terdapat hubungan antara porsi makan pada makan asrama yang meliputi energi (p=0,107), protein (p=0,094) dan lemak (p=0,975) dengan status gizi santri. Terdapat hubungan antara karbohidrat (p=0,045) dengan status gizi santri.
Simpulan: Makanan yang disediakan di asrama dengan metode prasmanan belum dapat memenuhi kebutuhan energi dan zat gizi makro harian santri. Tidak terdapat hubungan antara energi, protein dan lemak pada makan asrama dengan status gizi santri. Terdapat hubungan antara karbohidrat pada makan asrama dengan status gizi santri
Kata kunci: Porsi Makan, Status Gizi, Santri, Prasmanan

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:57
Last Modified: 30 Aug 2023 03:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15832

Actions (login required)

View Item View Item