Search for collections on Undip Repository

Pola Makan, Aktivitas Fisik, dan Sindrom Metabolik pada Orang Dewasa dengan Status Gizi Lebih

Octarian, Dani and Syauqy, Ahmad and Adi Murbawani, Etisa Pola Makan, Aktivitas Fisik, dan Sindrom Metabolik pada Orang Dewasa dengan Status Gizi Lebih. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Dani.pdf

Download (153kB)

Abstract

Latar Belakang: Orang dewasa dengan status gizi lebih cenderung memiliki parameter metabolik yang buruk sehingga berisiko tinggi mengalami sindrom metabolik. Parameter metabolik tersebut berkaitan erat dengan pola makan dan aktivitas fisik.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola makan dan aktivitas fisik terhadap kejadian sindrom metabolik pada orang dewasa dengan status gizi lebih.

Metode: Penelitian ini merupakan studi potong lintang menggunakan data nasional Indonesia. Subjek penelitian berusia 18 – 64 tahun diikutsertakan dalam studi. Analisis statistik menggunakan uji bivariat dan multivariat.

Hasil dan Simpulan: Terdapat hubungan antara sering mengonsumsi makanan asin, makanan berlemak/berkolesterol/gorengan, makanan daging/ayam/ikan olahan dengan pengawet, bumbu penyedap, mie instan/makanan instan, dan kurang aktivitas fisik dengan kejadian sindrom metabolik.

Kata Kunci: Aktivitas fisik, dewasa, makanan berisiko, sindrom metabolik, status gizi lebih

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:19
Last Modified: 30 Aug 2023 03:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15823

Actions (login required)

View Item View Item