Search for collections on Undip Repository

ANALISIS YURIDIS PERBANDINGAN PERANAN ANTARA LEMBAGA MANAJEMEN KOLEKTIF NASIONAL DAN COPYRIGHT ROYALTY BOARD DALAM PENYELESAIAN SENGKETA ROYALTI MUSIK_114 Dagang 2023

Mawakib, Mufaqqih Syairul and Santoso, Budi and Irawati, Irawati (2023) ANALISIS YURIDIS PERBANDINGAN PERANAN ANTARA LEMBAGA MANAJEMEN KOLEKTIF NASIONAL DAN COPYRIGHT ROYALTY BOARD DALAM PENYELESAIAN SENGKETA ROYALTI MUSIK_114 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan membandingkan peranan Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) di Indonesia dan Copyright Royalty Board (CRB) di Amerika Serikat dalam penyelesaian sengketa royalti musik secara yuridis. Metode yang digunakan adalah yuridis normatif dengan pendekatan perbandingan hukum dan menggunakan data sekunder dari studi kepustakaan.Hasil analisis menunjukkan bahwa Penyelesaian sengketa hak cipta musik dapat dilakukan melalui alternatif penyelesaian sengketa, arbitrase, atau pengadilan. Pengadilan Niaga memiliki kewenangan untuk mengadili sengketa hak cipta, namun penggunaan alternatif penyelesaian sengketa seperti mediasi juga didorong sebelum mengajukan gugatan ke pengadilan. Copyright Royalty Board (CRB) dan Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN), dapat disimpulkan bahwa kedua lembaga tersebut memiliki peran penting dalam pengelolaan hak cipta, penetapan tarif royalti, dan penyelesaian sengketa royalti musik. Penelitian ini memberikan manfaat teoritis dalam pemahaman sengketa royalti musik dan perbandingan peran lembaga manajemen kolektif nasional dengan CRB. Secara praktis, penelitian ini memberikan referensi bagi pemerintah, industri musik, dan masyarakat untuk mengatasi sengketa royalti musik.

Kata Kunci:Royalti Musik, Hak Cipta, LMKN, CRB, Penyelesaian Sengketa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Royalti Musik, Hak Cipta, LMKN, CRB, Penyelesaian Sengketa
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:39
Last Modified: 26 Oct 2023 07:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15820

Actions (login required)

View Item View Item