Search for collections on Undip Repository

NOVEL WATTPAD MENJADI FILM NETFLIX THE KISSING BOOTH: ANALISIS KOMODIFIKASI DALAM ADAPTASI SIBERSASTRA

Arif Budi Mawardi, ABM (2020) NOVEL WATTPAD MENJADI FILM NETFLIX THE KISSING BOOTH: ANALISIS KOMODIFIKASI DALAM ADAPTASI SIBERSASTRA. Masters thesis, Diponegoro University.

[img] Text
Tesis Lengkap- Arif Budi Mawardi Magister Susastra.docx

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul Novel Wattpad menjadi Film Netflix The Kissing Booth: Analisis Komodifikasi dalam Adaptasi Sibersastra. Melalui penelitian ini penulis tertarik terhadap adanya perubahan yang ditimbulkan oleh proses adaptasi cerita dalam novel siber The Kissing Booth menjadi film Netflix, sehingga novel dan film tersebut menjadi dua karya yang sama sekali berbeda. Penulis juga tertarik untuk mengungkap proses komodifikasi novel siber menjadi film sebagai dampak fenomena sosial sehingga melibatkan novel dan film The Kissing Booth berada dalam permainan sistem kapitalisme. Kajian ini merupakan penelitian pustaka (library research) dengan korpus penelitian berupa teks pada novel siber dan film. Objek penelitian ini adalah teks karya sastra, yaitu teks pada novel siber Wattpad karya Beth Reekles dan visualisasi film The Kissing Booth rancangan Vince Marcello yang dipublikasikan melalui Netflix.
Guna mengungkap bentuk perubahan yang terjadi akibat Adaptasi novel menjadi film, digunakan metode deskripsi analisis teks untuk mengidentifikasi bentuk perubahan yang terjadi pada adaptasi novel The Kissing Booth karya Beth Reekles menjadi film rancangan Vince Marcello serta metode analisis deskriptif untuk mengetahui segala aspek yang ikut berubah dalam proses adaptasi dua karya sastra tersebut. Digunakan pula pendekatan sastra bandingan yang berfokus pada kajian Adaptasi. Guna mengungkap proses komodifikasi novel dan film The Kissing Booth serta aspek-aspek yang mempengaruhinya, peneliti menggunakan pendekatan sosiologi sastra yang melibatkan pembahasan tentang proses produksi, penerbitan, dan distribusi novel siber serta film The Kissing Booth. Pendekatan komodifikasi digunakan untuk mengetahui upaya produsen dalam proses pengenalan dan konsumsi masyarakat konsumen karya sastra.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil adaptasi novel menjadi film The Kissing Booth menimbulkan tiga bentuk perubahan berupa penambahan, pengurangan, dan penggantian. Beberapa aspek cerita seperti tema, nilai dan pesan moral, karakter tokoh, dan ideologi penciptaan turut berubah. Perubahan konten tersebut menyebabkan film The Kissing Booth menjadi karya baru yang sama sekali berbeda dengan novel siber dengan judul yang sama The Kissing Booth sebagai karya asalnya.
Penelitian ini juga mengungkap bahwa pola hidup dan ruang lingkup masyarakat postmodern menarik novel siber The Kissing Booth menjadi barang komoditas. Kesuksesan novel The Kissing Booth menarik produsen karya sastra untuk mengkomoditaskannya menjadi sebuah film agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Nilai jual yang tinggi dicapai dengan membentuk simulasi sosial. Promosi melalui konsumen yang dilakukan secara berulang-ulang kemudian menimbulkan struktur kapitalisme yang menguntungkan pihak produsen. Sistem promosi yang dirancang produsen The Kissing Booth di era postmodern ini mempengaruhi khalayak ramai dan konsumen dimanfaatkan sebagai agen promosi sekaligus sebagai konsumen. Akhirnya karya hasil adaptasi hanyalah alat yang dijadikan sebagai komoditas budaya dengan tujuan akhir yang merujuk pada keuntungan finansial.
Kata kunci: adaptasi, komodifikasi, sibersastra, novel, film, kapitalisme

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Master Program in Literary
Depositing User: Khusnul Susastra
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:56
Last Modified: 30 Aug 2023 01:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15805

Actions (login required)

View Item View Item