Search for collections on Undip Repository

BRANDING APLIKASI PLN MOBILE MELALUI DESAIN MEDIA PUBLIC RELATIONS MERCHANDISE PLN UNIT INDUK JAWA TENGAH DAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

LESTARI, LARAS DWI (2023) BRANDING APLIKASI PLN MOBILE MELALUI DESAIN MEDIA PUBLIC RELATIONS MERCHANDISE PLN UNIT INDUK JAWA TENGAH DAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
S_LARAS DWI LESTARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK_LARAS DWI LESTARI.pdf - Published Version

Download (211kB)

Abstract

Suatu Perusahaan memiliki strategi untuk memasarkan atau membranding suatu
produk yang dihasilkan. PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I
Yogyakarta memliki Aplikasi yang disebut PLN Mobile. Aplikasi tersebut
memudahkan pelanggannya dalam aktifitas listrik. Berdasarkan pra riset, masalah
yang ditemukan yaitu angka pengguna PLN Mobile masih harus ditingkatkan
melalui strategi branding Public Relations. Terdapat berbagai cara kegiatan
branding, salah satunya kegiatan Branding melalui Strategi Merchandising.
Dimana merchandise sendiri merupakan salah satu tools atau alat yang digunakan
sebagai media promosi yang didalamnya memiliki pesan yang dikemas melalui
desain produk. Projek tugas akhir ini melewati proses pra produksi, produksi dan
pasca produksi desain merchandise. Pengambilan konsep merchandise yaitu
dengan menuangkan bangunan ikonik Kota Semarang kedalam desain merchandise
branding PLN Mobile. Terdapat juga pesan komunikasi di dalam proses branding
melalui logo PLN mobile yang terdapat pada bagian belakang produk sebagai
bentuk branding. Hasil desain merchandise juga melalui tahap review klien yaitu
PLN Unit Induk Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta dan review pelanggan PLN.
Dalam review tersebut secara garis besar klien dan pelanggan sangat mengapresiasi
dan mendapatkan informasi mengenai PLN Mobile melalui merchandise tersebut.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa Teknik merchandising merupakan Langkah
yang tepat untuk branding PLN Mobile.
Kata Kunci : Merchandise, Branding, Strategi pemasaran, PLN Mobile,
Desain produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Merchandise, Branding, Strategi pemasaran, PLN Mobile, Desain produk.
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Public Relations
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 29 Aug 2023 08:49
Last Modified: 18 Sep 2023 03:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15800

Actions (login required)

View Item View Item