Search for collections on Undip Repository

Klasifikasi Kabupaten/Kota Berdasarkan Indeks Pembangunan Manusia Di Provinsi Jawa Tengah Berdasarkan K-Means Clustering

Hanif, Nisrina (2023) Klasifikasi Kabupaten/Kota Berdasarkan Indeks Pembangunan Manusia Di Provinsi Jawa Tengah Berdasarkan K-Means Clustering. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
FILE 1 - Nisrina Hanif.pdf

Download (255kB)
[img] Text
2 DAFTAR ISI - Nisrina Hanif.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Nisrina Hanif.pdf

Download (127kB)

Abstract

"Pembangunan manusia merupakan syarat mutlak bagi keberlangsungan suatu negara. Salah satu indeks yang digunakan yakni Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Pada tahun 2020 pertumbuhan IPM di tingkat nasional melambat akibat COVID-19. Salah satu provinsi yang mengalami penurunan IPM yaitu Provinsi Jawa Tengah, maka diperlukan suatu metode untuk mengelompokkan 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah berdasarkan K-Means Clustering dengan karakteristik pada masing-masing cluster. Metode elbow merupakan suatu metode yang digunakan dalam menentukan jumlah cluster terbaik. Berdasarkan hasil penelitian nilai SSE (Sum of Square Error) untuk error terbesar berada pada cluster 3 dengan nilai jarak cluster 2 ke cluster 3 yaitu 23.107.194, karena nilai jarak tersebut mengalami penurunan paling besar, dan diikuti oleh jarak yang relatif konstan, sehingga menyebabkan cluster 3 menjadi cluster terbaik. Pada cluster 1 beranggotakan 4 Kabupaten/Kota dengan karakteristik tingkat indeks pembangunan manusia tinggi, cluster 2 beranggotakan 15 Kabupaten/Kota dengan karakteristik tingkat indeks pembangunan manusia sedang, dan cluster 3 beranggotakan 16 Kabupaten/Kota dengan karakteristik tingkat indeks pembangunan manusia rendah.
Kata Kunci : Analisis Cluster, Metode K-Means, Metode Elbow."

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 29 Aug 2023 05:31
Last Modified: 29 Aug 2023 05:31
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15785

Actions (login required)

View Item View Item