Search for collections on Undip Repository

Rata-rata Aritmatika dan Geometri untuk Optimalisasi Masalah Transportasi Berbasis Interval Menggunakan Teknik Ranking Bilangan Fuzzy Berdasarkan Konsep Incenter Segitiga

Indirawati, Salsabila Rani (2023) Rata-rata Aritmatika dan Geometri untuk Optimalisasi Masalah Transportasi Berbasis Interval Menggunakan Teknik Ranking Bilangan Fuzzy Berdasarkan Konsep Incenter Segitiga. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
File 1 (Cover, Lembar Pengesahan, Abstrak) - Aufi Intan.pdf

Download (476kB)
[img] Text
File 2 (Daftar isi, bab 1-4) - Aufi Intan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
File 3 (Daftar Pustaka) - Aufi Intan.pdf

Download (556kB)

Abstract

"Transportasi merupakan bagian penting dari pemeliharaan perusahaan karena mempengaruhi biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam mendistribusikan barang ke lokasi. Namun ketidakpastian biaya, permintaan, dan penawaran adalah fenomena nyata bagi banyak perusahaan sehingga informasi variabel keputusan disajikan di antara nilai terkecil hingga terbesar yang disebut sebagai interval. Masalah transportasi dengan nilai variabel keputusan berbentuk interval merupakan masalah transportasi berbasis interval (IBTP). Pada Tugas Akhir ini membahas salah satu alternatif untuk menyelesaikan IBTP yaitu dengan mengkonversi IBTP menjadi masalah transportasi fuzzy (FTP) dengan parameter bilangan triangular fuzzy yang kemudian ditransformasi menjadi bilangan tegas menggunakan teknik ranking berdasarkan konsep incenter segitiga. Selanjutnya akan digunakan metode North West Corner sebagai solusi awal dan metode MODI untuk menentukan solusi optimal. Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah mengimplementasikan rata-rata aritmatika dan rata-rata geometri sebagai pertimbangan mengambil nilai tengah dari suatu interval yang merupakan proses fuzzifikasi IBTP menjadi FTP dengan parameter bilangan triangular fuzzy.

Kata kunci: Bilangan triangular fuzzy, Interval, Masalah transportasi berbasis interval, Rata-rata aritmatika, Rata-rata geometri, Konsep incenter segitiga"

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 28 Aug 2023 11:18
Last Modified: 28 Aug 2023 11:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15758

Actions (login required)

View Item View Item