Search for collections on Undip Repository

Penyelesaian Masalah Transportasi Bilangan Bulat Interval Penuh Menggunakan Kombinasi Metode Mid-Width dan Cost Deviation

Afiffah, Afiffah (2023) Penyelesaian Masalah Transportasi Bilangan Bulat Interval Penuh Menggunakan Kombinasi Metode Mid-Width dan Cost Deviation. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
cover fix_merged - Afiffah 08.pdf

Download (327kB)
[img] Text
file 2 isi - Afiffah 08.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA afiffah - Afiffah 08.pdf

Download (284kB)

Abstract

"PENYELESAIAN MASALAH TRANSPORTASI BILANGAN BULAT INTERVAL PENUH MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE MID-WIDTH DAN COST DEVIATION

Oleh
Afiffah
24010116120019
Masalah transportasi merupakan masalah pengalokasian barang dari beberapa sumber ke beberapa tujuan. Pada permasalahan kehidupan nyata, beberapa parameter dalam masalah transportasi tidak dapat ditentukan secara pasti, melainkan berupa suatu kisaran. Pada tugas akhir ini, parameter masalah transportasi dinyatakan dalam bentuk interval. Sehingga masalah transportasi ini disebut dengan masalah transportasi bilangan bulat interval penuh (Fully Interval Integer Transportation Problem/FIITP. Kombinasi metode Mid-Width dan Cost Deviation digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tesebut. Metode ini mengonversi masalah transportasi bilangan bulat interval penuh menjadi dua masalah transportasi klasik dengan menggunakan definisi midpoint dan half width. Dua masalah transportasi klasik tersebut diselesaikan menggunakan metode Cost Deviation. Pada Tugas Akhir ini, hasil kombinasi metode Mid-Width dan Cost Deviation memberikan solusi optimal pada permasalahan transportasi bilangan bulat interval penuh.
Kata Kunci: Masalah transportasi , Masalah transportasi seimbang, Metode Mid-Width, Metode Cost Deviation, Kombinasi metode Mid-Width dan , Solusi interval optimal, Masalah trasnportasi bilangan bulat interval."

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 28 Aug 2023 09:29
Last Modified: 28 Aug 2023 09:29
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15754

Actions (login required)

View Item View Item