Search for collections on Undip Repository

Perbandingan Penyelesaian Solusi Fisibel Awal Masalah Transportasi Menggunakan Best Candidate Method dengan NWCM, LCM, dan VAM

Supriadi, Moch Alif Nur Fandi (2023) Perbandingan Penyelesaian Solusi Fisibel Awal Masalah Transportasi Menggunakan Best Candidate Method dengan NWCM, LCM, dan VAM. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
Pendahuluan - Fandi Supriadi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Isi - Fandi Supriadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka - Fandi Supriadi.pdf

Download (753kB)

Abstract

Tugas akhir ini membahas tentang salah satu masalah transportasi yaitu masalah distribusi barang dari beberapa sumber ke beberapa tujuan dengan tujuan menentukan total biaya minimum untuk melakukan distribusi. Penyelesaian masalah transportasi dilakukan dengan dua tahap, yaitu menentukan solusi fisibel awal lalu dilanjutkan dengan menentukan solusi optimal. Pada tugas akhir ini membahas salah satu metode yang digunakan untuk menentukan solusi fisibel awal yaitu BCM (Best Candidate Method) yang dilakukan dengan menentukan kandidat dan membuat kombinasi-kombinasi dari kandidat terpilih, solusi fisibel awal tersebut akan menjadi dasar penyelesaian solusi optimal. Tugas akhir ini dilakukan dengan membandingkan solusi dan keoptimalan dari metode BCM, NWCM, LCM, dan VAM melalui sepuluh simulasi numerik masalah transportasi seimbang dan tidak seimbang. Berdasarkan sepuluh kasus tersebut diketahui bahwa BCM memiliki hasil solusi fisibel yang lebih baik dibandingkan metode lainnya karena menghasilkan solusi dengan 87% - 100% mendekati solusi optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 28 Aug 2023 09:04
Last Modified: 28 Aug 2023 09:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15750

Actions (login required)

View Item View Item