Search for collections on Undip Repository

PEMBUATAN KATALOG 3D PRODUK STEEL BRIDGE STRUCTURE PT WIJAYA KARYA INDUSTRI & KONSTRUKSI SEBAGAI MEDIA PROMOSI INTERAKTIF

Nuraini, Azka Anfasa (2023) PEMBUATAN KATALOG 3D PRODUK STEEL BRIDGE STRUCTURE PT WIJAYA KARYA INDUSTRI & KONSTRUKSI SEBAGAI MEDIA PROMOSI INTERAKTIF. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
S_Azka Anfasa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK_Azka Anfasa.pdf - Published Version

Download (54kB)

Abstract

PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi mempromosikan produk mereka menggunakan
katalog produk berbentuk dua dimensi dan maket, sehingga implementasierupa
penggabungan media promosi berupa katalog dan model sangat diperlukan untuk
meningkatkan promosi interaktif dengan konsumen. Oleh karena itu, diperlukannya
katalog produk dengan visual yang menarik karena itu merupakan daya tarik konsumen.
Saat ini, kebutuhan promosi interaktif di dunia konstruksi sangat diperlukan. Dikarenakan
katalog dinilai masih memiliki kelemahan yakni masih berupa gambar dua dimensi dan
maket memiliki beberapa kelemahan yaitu rasio bentuk dan ukuran tidak sama persis,
memiliki harga yang mahal, dan memiliki bentuk yang tidak ringkas. Penggabungan media
promosi berupa katalog dan model 3D dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi
Augmented Reality yang merupakan solusi yang mengimplementasikan industri 4.0.
Metode yang digunakan pada produksi AR untuk katalog ini adalah pra produksi, produksi
dan pasca produksi. Pembuatan media promosi interaktif menggunakan assemblr studio
dapat memberikan informasi yang rinci mengenai detail tentang produk pada katalog fisik
dan visualisasi dari produk menggunakan teknologi augmented reality yang dapat diakses
dengan barcode. Hasil tersebut disajikan dalam bentuk katalog cetak dan E-katalog yang
merupakan katalog digital yang dapat digunakan untuk memperkenalkan dan
memvisualisasikan produk kepada konsumen.
Kata Kunci : strategi pemasaran, augmented reality, katalog 3D, konstruksi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, augmented reality, katalog 3D, konstruksi
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Public Relations
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:25
Last Modified: 18 Sep 2023 03:58
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15747

Actions (login required)

View Item View Item