Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PERBEDAAN KINERJA PENCATATAN DAN PEMANTAUAN IMUNISASI DASAR LENGKAP (IDL) OLEH KADER POSYANDU MELALUI MEDIA “KAMPUNGKU RUMAHKU” DI KABUPATEN TEGAL

ALIMAH, ULYA (2023) ANALISIS PERBEDAAN KINERJA PENCATATAN DAN PEMANTAUAN IMUNISASI DASAR LENGKAP (IDL) OLEH KADER POSYANDU MELALUI MEDIA “KAMPUNGKU RUMAHKU” DI KABUPATEN TEGAL. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ULYA ALIMAH.pdf - Published Version

Download (427kB)

Abstract

Pencatatan dan pemantauan imunisasi adalah faktor yang sangat penting dalam mendukung pelaksanaan imunisasi. Meskipun upaya pencatatan dan pemantauan imunisasi oleh kader posyandu sudah berjalan, namun belum mencapai tingkat optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan kinerja kader posyandu dengan menggunakan media "Kampungku-Rumahku" sebagai alat bantu dalam pencatatan dan pemantauan imunisasi di Kabupaten Tegal. Perbandingan dilakukan antara kelompok kader yang sudah dilatih dengan yang belum dilatih “KampungKu-RumahKu”. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan studi cross-sectional. Penelitian ini terdiri dari 150 sampel yang dibagi menjadi dua kelompok secara merata. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisa data menggunakan uji Mann Whitney U test pada α= 0,05 dengan hasil penelitian terdapat perbedaan kinerja antara kelompok kader yang sudah dilatih dengan kelompok kader yang belum dilatih. Kelompok yang sudah dilatih mempunyai kinerja lebih baik daripada kelompok yang belum dilatih. Terdapat perbedaan signifikan pada variabel kinerja, persepsi, sikap, motivasi, sarana dan prasarana, dan beban kerja. Sementara itu, tidak ada perbedaan pada variabel pengetahuan dan imbalan di kedua kelompok kader. Penggunaan Media "KampungKu-RumahKu" sebagai sarana pendukung dalam pencatatan dan pemantauan imunisasi dianggap berhasil dalam meningkatkan kinerja kader posyandu di wilayah Kabupaten Tegal.

Kata kunci : kinerja, kader, pencatatan, pemantauan, imunisasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 28 Aug 2023 07:41
Last Modified: 28 Aug 2023 07:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15738

Actions (login required)

View Item View Item