Search for collections on Undip Repository

PEMBUKTIAN ASAS ITIKAD BAIK DALAM SENGKETA MEREK DAGANG ANTARA PS GLOW MELAWAN MS GLOW (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 2/PDT.SUS.HKI/MEREK/2022/PN.NIAGA SBY)_097 Dagang 2023

KHANSA, NAILA and Santoso, Budi and R. Suharto, R. Suharto (2023) PEMBUKTIAN ASAS ITIKAD BAIK DALAM SENGKETA MEREK DAGANG ANTARA PS GLOW MELAWAN MS GLOW (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 2/PDT.SUS.HKI/MEREK/2022/PN.NIAGA SBY)_097 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Merek merupakan salah satu aset intelektual yang berperan sebagai indikator bagi konsumen untuk membedakan antara produk atau layanan yang serupa atau berbeda satu sama lain. Selain itu, merek berperan sebagai alat pemasaran untuk membantu periklanan dan promosi suatu barang dan jasa sehingga merek dapat menjadi sebuah aset bagi perusahaan. Namun semakin terkenalnya suatu merek, tidak jarang terjadi permasalahan atau sengketa merek. Salah satunya yaitu sengketa merek antara merek dagang PS Glow dan MS Glow dengan berujung saling gugat di dua Pengadilan Niaga Medan dan Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Yuridis Normatif atau penelitian kepustakaan, yaitu penelitian terhadap data sekunder berupa peraturan perundang-undangan dan literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti untuk mengetahui pembuktian asas itikad baik atau buruk dalam sengketa merek dagang antara PS Glow dengan MS Glow menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis serta akibat hukum yang ditimbulkan dari adanya Putusan Nomor 2/Pdt.Sus.HKI/Merek/2022/PN.Niaga Sby. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa Pihak PS Glow telah meniru dan mendompleng merek dagang Pihak MS Glow karena mengandung beberapa elemen yang memiliki persamaaan pada pokoknya. Hal ini dibuktikan atas dasar sistem pendaftaran merek di Indonesia yaitu first to file systems dan sejatinya Pihak MS Glow yang terdaftar lebih dulu, sehingga Pihak PS Glow terbukti mendaftarkan merek dagangnya berdasarkan asas itikad buruk. Dalam hal kepemilikan merek maupun pendaftaran merek sepatutnya harus sesuai dengan pengaturan yang berlaku, juga dengan mengindahkan asas itikad baik. Selain itu, pemerintah khususnya Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual diharapkan dapat lebih tegas dalam melakukan pengawasan secara rutin dan berkala agar tidak terjadi pelanggaran merek dan dapat meminimalisir sengketa merek yang terjadi.

Kata Kunci : Merek, Asas Itikad Baik dan Asas Itikad Buruk, Persamaan pada Pokoknya, PS Glow, MS Glow

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Merek, Asas Itikad Baik dan Asas Itikad Buruk, Persamaan pada Pokoknya, PS Glow, MS Glow
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 26 Oct 2023 06:45
Last Modified: 26 Oct 2023 06:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15724

Actions (login required)

View Item View Item