Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI SURAT EDARAN (SE) NOMOR 11 TAHUN 2022 ATAS PELONGGARAN TES SWAB ANTIGEN PADA MODA TRANSPORTASI KERETA API_098 Dagang 2023

JANNAH, MIFTAKHUL and Njatrijani, Rinitami and Irawati, Irawati (2023) IMPLEMENTASI SURAT EDARAN (SE) NOMOR 11 TAHUN 2022 ATAS PELONGGARAN TES SWAB ANTIGEN PADA MODA TRANSPORTASI KERETA API_098 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masuknya pandemi Covid-19 di Indonesia sejaktahun 2020 berpengaruh pada berbagai aspek kehidupan masyarakat yang diantaranya adalah pemberlakuan pembatasan sosial yang berpengaruh pada kegiatan perjalanan yang salah satunya menggunakan transportasi kereta api. Setiap orang yang melakukan perjalanan dengan menggunakan transportasi kereta api di masa pandemi diwajibkan untuk melakukan tes rapid ataupun tes swab PCR. Namun di era normal baru setelah pandemi, Pemerintah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 11 Tahun 2022 yang berisi mengenai adanya pelonggaran tes swab bagi setiap orang dengan syarat telah melakukan vaksinasi covid dosis 2 dan dosis 3 yang menggunakan transportasi umum seperti kereta api. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji bagaimana penerapan peraturan tersebut dalam kegiatan perjalanan dan kebijakan serta tanggung jawab dari PT. KAI dalam memberikan perlindungan terhadap konsumen sebagai upaya pemenuhanhak-hak konsumen, serta bagaimana penerapan peraturan tersebut mengenai adanya pelonggaran tes swab bagi penumpang kereta api. Penelitian yang dilakukanadalahpenelitianhukumempiris, pengumpulan data yang diambildari data primer denganmelakukanwawancara dan data sekunderdenganmengolah data daribahanhukum primer, bahanhukumsekunder, dan bahanhukumtersier. Alat pengumpul data dalampenelitianinimelaluiwawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa kegiatan perjalanan seseorang setelah masa pandemi Covid-19 yang menggunakan kereta api mengacu pada Surat Edaran Nomor 11 Tahun 2022 namun dalam pelaksanaannya tetap mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker, menggunakan hand sanitizer dan menjaga jarak dengan penumpang satu sama lain, serta PT. KAI memberikan masker gratis bagi setiap penumpang dan melakukan penyemprotan disinfektan pada kereta api sebelum diberangkatkan. Hal ini dilakukan oleh PT. KAI sebagai upaya perlindungan terhadap konsumen kereta api, seperti yang telah tercantum dalam Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen yang diantaranya menyatakan bahwa konsumen memiliki hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam menggunakan jasa.
Kata kunci: Kereta Api, Tes swab, Pengguna Jasa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kereta Api, Tes swab, Pengguna Jasa
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 26 Oct 2023 05:49
Last Modified: 26 Oct 2023 05:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15705

Actions (login required)

View Item View Item