Search for collections on Undip Repository

PENYELESAIAN MASALAH TRANSPORTASI TIDAK SEIMBANG BILANGAN FULLY TRIANGULAR INTUITIONISTIC FUZZY DENGAN MENGGUNAKAN METODE JMD

Ari, Annisa Dwi (2023) PENYELESAIAN MASALAH TRANSPORTASI TIDAK SEIMBANG BILANGAN FULLY TRIANGULAR INTUITIONISTIC FUZZY DENGAN MENGGUNAKAN METODE JMD. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
File 1 - Annisa Dwi Ari.pdf

Download (1MB)
[img] Text
File 2 - Annisa Dwi Ari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
File 3 - Annisa Dwi Ari.pdf

Download (89kB)

Abstract

Masalah transportasi merupakan pemrograman linear jenis khusus yang berhubungan dengan pendistribusian baran dari sumber ke tujuan. Model transportasi digunakan bertujuan untuk meminimumkan biaya pengiriman. Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah mengimplementasikan Metode JMD untuk mentransformasikan masalah transportasi tidak seimbang menjadi seimbang pada bilangan fully intuitionistic fuzzy, kemudian dilanjutkan Metode simpleks untuk memperoleh solusi optimal. Metode yang digunakan dalam penyusunan Tugas Akhir ini adalah metode tinjauan pustaka dan contoh kasus pada model yaitu ketika bagian keanggotaan (BK) seimbang tetapi bagian non-keanggotaan tidak seimbang (BNK), bagian keanggotaan (BK) tidak seimbang tetapi bagian non keanggotaan (BNK) seimbang, dan kedua bagian tidak seimbang. Akan ditransformasikan menjadi program linear dan diselesaikan dengan menggunakan metode simpleks dengan bantuan solver, hal ini dilakukan karena banyaknya kendala yang terdapat pada masalah transportasi ini. Didapatkan solusi tegas dan akan disusun kembali menjadi bilangan triangular intuitionistic fuzzy. Terdapat kasus khusus yang terjadi pada masalah transportasi ini yaitu infeasible dan degenerasi pada masalah transportasi tidak seimbang dengan jumlah matriks yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:07
Last Modified: 28 Aug 2023 03:07
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15703

Actions (login required)

View Item View Item