Search for collections on Undip Repository

Penerapan Fuzzy Time Series Saxena-Easo dan Penentuan Nilai Ramalan Periode Mendatang menggunakan Fuzzy High Order pada Harga Emas Berjangka

Cahyani, Qatrunnada Refa (2023) Penerapan Fuzzy Time Series Saxena-Easo dan Penentuan Nilai Ramalan Periode Mendatang menggunakan Fuzzy High Order pada Harga Emas Berjangka. Undergraduate thesis, UNDIP.

This is the latest version of this item.

[img] Text
File 1 Pendahuluan_Qatrunnada Refa Cahyani - Qatrunnada Refa Cahyani.pdf

Download (1MB)
[img] Text
File 2 Isi_Qatrunnada Refa Cahyani - Qatrunnada Refa Cahyani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (835kB)
[img] Text
File 3 Daftar Pustaka_Qatrunnada Refa Cahyani - Qatrunnada Refa Cahyani.pdf

Download (136kB)

Abstract

Peramalan fuzzy time series (FTS) merupakan proses memprediksi sesuatu pada periode mendatang menggunakan data deret waktu yang berdasarkan himpunan fuzzy dan logika fuzzy. Salah satu metode FTS adalah FTS Saxena-Easo, metode ini menyempurnakan metode sebelumnya yang semesta pembicaraannya berupa persentase perubahan data dan modifikasi pada partisi interval kemudian membaginya menjadi subinterval berdasarkan jumlah frekuensi data. Dalam penelitian ini penulis menggunakan fuzzy high order setelah penerapan karena akurasi metode ini lebih tinggi jika dibandingkan metode-metode sebelumnya, namun belum dapat menentukan nilai ramalan periode mendatang. Data yang digunakan yaitu harga harian open, high, low emas berjangka Januari-Februari 2023 dan menggunakan AFER (average forecasting error rate) untuk menghitung akurasi peramalan. Diperoleh nilai AFER untuk harga open, high, low emas berjangka adalah <10% yang menunjukkan metode ini memiliki kriteria sangat baik dan layak untuk meramalkan nilai periode mendatang. Fuzzy logical relationship group (FLRG) yang digunakan dalam penelitian ini dari orde 1 hingga 4. Diperoleh tingkat kesalahan ramalan periode mendatang paling kecil untuk harga open adalah orde 3, untuk high adalah orde 2, dan harga low adalah orde 2. Hasil ini menunjukkan peningkatan orde tidak selalu mendapatkan nilai akurasi peramalan periode mendatang yang lebih tinggi dan kesalahan terkecil tidak selalu pada orde yang sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Master Program in Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 06 Nov 2023 09:17
Last Modified: 06 Nov 2023 09:17
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15697

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item