Search for collections on Undip Repository

METODE FUZZY ONE POINT PADA MASALAH TRANSPORTASI FUZZY DENGAN BILANGAN PENTAGONAL FUZZY

Windasari, Putri (2023) METODE FUZZY ONE POINT PADA MASALAH TRANSPORTASI FUZZY DENGAN BILANGAN PENTAGONAL FUZZY. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
File 1 - putri winda.pdf

Download (1MB)
[img] Text
File 2 - putri winda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
File 3 - putri winda.pdf

Download (503kB)

Abstract

"Kegiatan distribusi salah satu aspek penting bagi perusahaan sehingga memerlukan perencanaan yang matang dengan tujuan untuk meminimumkan biaya. Pada kehidupan nyata ketidakpastian tidak dapat dihindari sehingga muncul gagasan masalah transportasi dengan parameter tidak pasti.Tugas akhir ini membahas mengenai masalah transportasi fuzzy pada kasus seimbang dan tidak seimbang dengan menerapkan metode Fuzzy One Point menggunakan parameter bilangan pentagonal fuzzy. Penegasan bilangan dengan menerapkan fungsi ranking rata-rata sub interval. Langkah-langkah metode Fuzzy One Point untuk menyelesaikan masalah transportasi fuzzy adalah membagi setiap elemen baris dan kolom dengan nilai minimum baris dan kolom tersebut sehingga diperoleh biaya transportasi bernilai 1, mengalokasikan biaya transportasi yang bernilai 1 serta melakukan perbaikan baris dan kolom untuk mendapatkan solusi optimal pada hasil akhir pengalokasian. Selanjutnya membahas mengenai perbandingan baik dari hasil dan teknik pengerjaan dari metode Fuzzy One Point dan metode Zero Point. Metode Fuzzy One Point memiliki hasil yang lebih optimal dibandingkan dengan metode Zero Point.
Kata Kunci: Masalah Transportasi Fuzzy, Bilangan Pentagonal Fuzzy, Fungsi Rata-rata Sub Interval, Metode Fuzzy One Point."

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 27 Aug 2023 14:30
Last Modified: 27 Aug 2023 14:30
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15696

Actions (login required)

View Item View Item