Search for collections on Undip Repository

Row Column Weigth Minimum Cost Allocation Method (RCWMCAM) Pada Masalah Transportasi Fuzzy Fermatean Dengan Bilangan Triangular Fuzzy Intuitionistik

Septianingrum, Diva Ayu (2023) Row Column Weigth Minimum Cost Allocation Method (RCWMCAM) Pada Masalah Transportasi Fuzzy Fermatean Dengan Bilangan Triangular Fuzzy Intuitionistik. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
File 1 - Diva Ayu.pdf

Download (275kB)
[img] Text
File 2 - Diva Ayu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
File 3 - Diva Ayu.pdf

Download (178kB)

Abstract

"Masalah transportasi merupakan masalah yang berkaitan dengan pendistribusian suatu jenis barang dari beberapa sumber ke beberapa tempat tujuan. Dalam kehidupan nyata, terdapat beberapa kasus masalah transportasi dengan parameter yang tidak diketahui secara pasti, sehingga muncul masalah transportasi fuzzy. Masalah transportasi fuzzy adalah masalah transportasi dengan salah satu atau lebih parameter dinyatakan dalam bentuk bilangan fuzzy. Tugas akhir ini membahas mengenai masalah transportasi fermatean fuzzy seimbang dan tidak seimbang dengan biaya pendistribusian, jumlah persediaan dan permintaan selalu berubah-ubah. Contoh kasus yang diberikan bermula pada bilangan triangular intutionistic fuzzy, kemudian dikembangkan menjadi masalah transportasi fermatean fuzzy dengan cara fuzzifikasi dan menghitung komposisi max min, sehingga diperoleh himpunan fermatean fuzzy yang digunakan untuk defuzzifikasi. Hasil defuzzifikasi digunakan untuk menghitung solusi fisibel pada masalah transportasi. Perhitungan solusi fisibel menggunanakan metode Row Column Weigth Minimum Cost Allocation Method (RCWMCAM) dan untuk solusi optimal menggunakan metode Modified Distribution (MODI). Untuk mendapat solusi efisiensi dalam menyelesaikan masalah transportasi fuzzy, maka metode RCWMCAM akan dibandingkan dengan metode South East Corner (SECM). Berdasarkan simulasi numerik pada masalah transportasi fermatean fuzzy, metode RCWMCAM menghasilkan solusi fisibel yang lebih mendekati optimal dibandingkan metode SECM. Akan tetapi, solusi fisibel yang dihasilkan oleh kedua metode tetap menghasilkan solusi optimal yang sama.

Kata Kunci: Masalah transportasi fuzzy, Fuzzifikasi, Komposisi max min, Defuzzifikasi, Bilangan Triangular Intuitionistic Fuzzy, Metode RCWMCAM, Metode SECM, Metode MODI.
"

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 27 Aug 2023 05:50
Last Modified: 27 Aug 2023 05:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15690

Actions (login required)

View Item View Item