Search for collections on Undip Repository

ANALISIS MODEL SEIRD DENGAN POPULASI TERINFEKSI YANG TIDAK DILAPORKAN DAN PARAMETER DINAMIS UNTUK PENYEBARAN COVID-19 DI INDONESIA

Al Amin, Iffata Afnuriana (2023) ANALISIS MODEL SEIRD DENGAN POPULASI TERINFEKSI YANG TIDAK DILAPORKAN DAN PARAMETER DINAMIS UNTUK PENYEBARAN COVID-19 DI INDONESIA. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
FILE 1 IFFATA - Iffata Afnuriana Al Amin.pdf

Download (552kB)
[img] Text
FILE 2 IFFATA - Iffata Afnuriana Al Amin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB) | Request a copy
[img] Text
FILE 3 IFFATA - Iffata Afnuriana Al Amin.pdf

Download (102kB)

Abstract

Covid-19 (Coronavirus Disease 2019) adalah penyakit sindrom pernafasan akut yang disebabkan oleh coronavirus2 (SARS-CoV-2) yang umumnya dapat menular melalui droplet dan kontak dengan orang yang terinfeksi virus. Masih banyak ditemukan kasus Covid-19 di Indonesia yang tidak dilaporkan karena berbagai alasan seperti kurangnya sumber daya medis serta tidak ada jaminan bahwa semua orang yang terinfeksi Covid-19 diuji dan dilaporkan. Pada penelitian ini, model dasar SEIUR (Susceptible, Exposed, Infected, Unreported, Removed) dimodifikasi dengan menambahkan variable ‘D’ atau individu yang meninggal sehingga model menjadi SEIURD (Susceptible, Exposed, Infected, Unreported, Recovered, Dead) serta dilakukan estimasi parameter untuk menentukan parameter yang paling cocok dengan model yang telah dibuat untuk setiap periode waktu i. Kondisi epidemi Covid-19 untuk setiap periode waktu i berbeda-beda sesuai dengan nilai O_i. Simulasi numerik pada model menggunakan program Python dapat menunjukkan model dapat menggambarkan data dengan cukup baik. Nilai koefisien determinasi untuk setiap periode waktu i mendekati nilai 1 dan nilai MAPE untuk setiap periode waktu i kurang dari 5% sehingga tingkat keakuratan model SEIURD yang dibuat sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 27 Aug 2023 05:11
Last Modified: 27 Aug 2023 05:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15686

Actions (login required)

View Item View Item