Search for collections on Undip Repository

PERAMALAN INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN MENGGUNAKAN METODE GABUNGAN EXPONENTIAL SMOOTHING DAN JARINGAN SARAF TIRUAN BACKPROPAGATION DENGAN OPTIMIZER ADABELIEF

Yonathan, Andrean (2023) PERAMALAN INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN MENGGUNAKAN METODE GABUNGAN EXPONENTIAL SMOOTHING DAN JARINGAN SARAF TIRUAN BACKPROPAGATION DENGAN OPTIMIZER ADABELIEF. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
Pendahuluan - Andrean Yonathan.pdf

Download (425kB)
[img] Text
Isi - Andrean Yonathan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka - Andrean Yonathan.pdf

Download (144kB)

Abstract

"Peramalan Indeks Harga Saham Gabungan dibutuhkan untuk memperkecil risiko kerugian dalam berinvestasi. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meramal harga indeks saham adalah exponential smoothing yang mengasumsikan data memiliki hubungan linier dengan data sebelumnya. Metode ini banyak digunakan karena kemampuannya dalam menangkap pola linier dari data dan kemudahan dalam penggunaannya. Metode lain yang dapat digunakan untuk meramal harga indeks saham adalah jaringan saraf tiruan backpropagation. Metode ini banyak digunakan karena kemampuannya dalam menangkap pola non-linier dari data. Namun, pada kenyataannya data di dunia nyata data deret waktu jarang yang murni linier atau murni non-linier. Pada penelitian ini, peramalan dilakukan dengan menggunakan metode gabungan exponential smoothing damped trend dan jaringan saraf tiruan backpropagation dengan optimizer AdaBelief. Kombinasi kedua metode ini dilakukan agar dapat menangkap pola linier dan non-linier dari data. Hasil peramalan dengan data uji menunjukkan metode gabungan dengan optimizer AdaBelief mendapatkan nilai Mean Square Error (MAE), Mean Absolute Percentage Error (MAPE), dan Root Mean Square Error (RMSE) masing-masing sebesar 415,125, 0,08, dan 519,062 lebih kecil dibanding dengan metode exponential smoothing, jaringan saraf tiruan backpropagation, metode gabungan dengan optimizer Adam, dan metode gabungan dengan optimizer Stochastic Gradient Descent.

Kata kunci: Peramalan, Jaringan Saraf Tiruan, Exponential Smoothing, AdaBelief"

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 27 Aug 2023 04:42
Last Modified: 27 Aug 2023 04:42
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15683

Actions (login required)

View Item View Item