Search for collections on Undip Repository

PENYELESAIAN MASALAH TRANSPORTASI FUZZY TRIANGULAR MENGGUNAKAN METODE TOCM-MT (Total opportunity cost matrix – Minimal total)

Chyntia, Kasih (2023) PENYELESAIAN MASALAH TRANSPORTASI FUZZY TRIANGULAR MENGGUNAKAN METODE TOCM-MT (Total opportunity cost matrix – Minimal total). Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
Pendahuan Bebas Repository - kasih chyntia.pdf

Download (361kB)
[img] Text
ISI ( Daftar isi, Bab 1, Bab 2, Bab 4) - kasih chyntia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar pustaka - kasih chyntia.pdf

Download (113kB)

Abstract

"Masalah transportasi merupakan permasalahan dalam mengalokasikan barang atau jasa dari beberapa sumber menuju beberapa tujuan secara optimal dengan mempertimbangkan biaya transportasi yang minimal. Pada masalah transportasi tidak menutup kemungkinan terjadinya beberapa masalah yang mempengaruhi ketidakpastian pendistribusian barang yang menimbulkan masalah transportasi fuzzy. Permasalahan transportasi dapat diselesaikan dengan mencari solusi fisibel awal (IBFS) kemudian dilanjutkan dengan pencarian solusi optimal dari IBFS. Metode TOCM-MT adalah salah satu metode baru yang digunakan dalam mencari solusi fisibel awal pada masalah transportasi. Diberikan simulasi data menggunakan TOCM-MT pada 6 contoh masalah transportasi fuzzy triangular, lalu hasil TOCM-MT dibandingkan dengan NWC, LC, VAM. Kemudian, dilakukan perhitungan solusi optimal menggunakan metode Stepping Stone dari hasil solusi fisibel awal TOCM-MT. Diperoleh bahwa TOCM-MT memberikan solusi fisibel awal yang lebih baik dibandingkan NWC, LC dan sama baiknya dengan VAM, namun pada 1 contoh numerik TOCM-MT tidak cukup bagus dari VAM. Kemudian, dari hasil perhitungan solusi optimal diperoleh bahwa TOCM-MT dapat langsung memberikan solusi yang optimal pada 4 contoh masalah transportasi.

Kata Kunci: Masalah transportasi fuzzy triangular, solusi fisibel awal, metode TOCM-MT, NWC, LC, dan VAM."

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 26 Aug 2023 00:10
Last Modified: 26 Aug 2023 00:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15678

Actions (login required)

View Item View Item