Search for collections on Undip Repository

Penentuan Solusi Fisibel Awal Masalah Transportasi Fuzzy Triangular Menggunakan Metode Weighted Harmonic Mean (Studi Kasus CV. Kings Art & Gallery)

Rianti, Jathu (2023) Penentuan Solusi Fisibel Awal Masalah Transportasi Fuzzy Triangular Menggunakan Metode Weighted Harmonic Mean (Studi Kasus CV. Kings Art & Gallery). Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
File 1_Jathu Rianti - JATHU RIANTI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
File 2_Jathu Rianti - JATHU RIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
File 3_Jathu Rianti - JATHU RIANTI.pdf

Download (763kB)

Abstract

Masalah transportasi merupakan masalah pendistribusian suatu jenis barang dari beberapa sumber (persediaan) ke beberapa tujuan (permintaan) dengan tujuan untuk meminimumkan biaya pendistribusian atau memaksimalkan keuntungan. Salah satu penerapan masalah transportasi adalah pada bidang logistik. Terjadinya ketidakpastian di lapangan sehingga memunculkan masalah transportasi fuzzy dengan parameter permintaan, persediaan, biaya, maupun variabel adalah bilangan fuzzy. Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan dalam memecahkan masalah transportasi fuzzy melalui dua tahapan yaitu solusi fisibel awal dan solusi optimal. Metode Weighted Harmonic Mean (WHM) merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menentukan solusi fisibel awal masalah transportasi fuzzy. Dalam Tugas Akhir ini dibahas metode WHM yang merupakan pengembangan dari metode harmonic mean dengan pembobotan untuk menentukan prioritas pengalokasian. Metode ini memberikan algoritma yang sederhana dan mudah dipahami dalam menentukan solusi fisibel awal pada masalah transportasi. Mean parameter rangking digunakan untuk mengubah masalah transportasi fuzzy ke dalam masalah transportasi crisp. Total biaya tranportasi yang diperoleh pada CV. Kings Art & Gallery menggunakan metode WHM sebesar 755.96 (dalam satuan ratusan ribu rupiah). Dan uji optimalitas menggunakan metode MODI diperoleh total biaya transportasi yang sama yaitu sebesar 755.96 (dalam satuan ratusan ribu rupiah). Sehingga, hasil solusi fisibel awal yang diperoleh pada CV. Kings Art & Gallery menggunakan metode WHM merupakan solusi optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:49
Last Modified: 25 Aug 2023 07:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15659

Actions (login required)

View Item View Item