Search for collections on Undip Repository

Perbandingan Metode Row Minimum Cost Dan Metode Column Minimum Cost Dalam Menentukan Solusi Fisibel Awal Pada Masalah Transportasi

Syah, Muhammad Ikram (2023) Perbandingan Metode Row Minimum Cost Dan Metode Column Minimum Cost Dalam Menentukan Solusi Fisibel Awal Pada Masalah Transportasi. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
File 1 - Muhammad Ikram Syah.pdf

Download (192kB)
[img] Text
File 2 - Muhammad Ikram Syah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
File 3 - Muhammad Ikram Syah.pdf

Download (72kB)

Abstract

Masalah transportasi merupakan bagian dari riset operasi yang bertujuan untuk menentukan biaya minimum yang dikeluarkan saat pendistribusian barang dari beberapa sumber ke beberapa tujuan dengan biaya masing-masing dan keterbatasan kendala. Pada masalah transportasi, pada tahap pertama yaitu menentukan solusi fisibel awal yang akan digunakan untuk menentukan solusi optimal. Pada tugas akhir ini membahas metode Row Minimum Cost (RMCM), metode Column Minimum Cost (CMCM) dan metode Stepping Stone. Metode Row Minimum Cost (RMCM) dan metode Column Minimum Cost (CMCM) mengutamakan biaya minimum pada baris atau kolom untuk dialokasikan barang. Solusi fisibel yang diperoleh menggunakan metode Row Minimum Cost (RMCM) dan metode Column Minimum Cost (CMCM). Solusi optimal ditentukan menggunakan metode Stepping Stone. Berdasarkan simulasi data pendistribusian raskin Bulog Divre Kalimantan Barat diperoleh bahwa Metode Columns Minimum Cost (CMCM) menghasilkan solusi fisibel yang lebih kecil daripada Metode Row Minimum Cost (RMCM) dalam menentukan solusi fisibel awal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 25 Aug 2023 06:59
Last Modified: 25 Aug 2023 06:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15651

Actions (login required)

View Item View Item