Search for collections on Undip Repository

"Pengembangan Grey Forecasting Model GM(1,1) dengan Optimasi Background Value dan Deret Fourier Untuk Memprediksi Kadar Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) (Studi Kasus Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jawa Tengah)"

Prasasti, Putri Reghina Hilmi (2023) "Pengembangan Grey Forecasting Model GM(1,1) dengan Optimasi Background Value dan Deret Fourier Untuk Memprediksi Kadar Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) (Studi Kasus Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jawa Tengah)". Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
File 1 (Pendahuluan) - P. Reghina Hilmi.pdf

Download (179kB)
[img] Text
File 2 (Isi) - P. Reghina Hilmi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text
File 3 (Daftar Pustaka) - P. Reghina Hilmi.pdf

Download (109kB)

Abstract

Grey Forecasting Model GM(1,1) merupakan metode peramalan kuantitatif yang telah diakui secara universal karena kemampuannya untuk memprediksi data dengan sampel yang terbatas yakni sedikitnya empat sampel data. Namun, metode GM(1,1) memiliki tingkat akurasi yang rendah jika digunakan untuk meramalkan data yang bersifat fluktuatif. Metode GMEF(1,1) diusulkan untuk memperbaiki tingkat akurasi metode asli GM(1,1) dengan mengoptimalkan background value dari metode GM(1,1) menggunakan konsep Integral dan Fungsi Eksponensial, serta memodelkan bilangan residual menggunakan Deret Fourier. Metode ini kemudian digunakan untuk meramalkan kadar emisi Gas Rumah Kaca (GRK) pada Provinsi Jawa Tengah yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk menentukan langkah mitigasi yang harus direncanakan agar dapat memenuhi target penurunan emisi Gas Rumah Kaca pada tahun 2030 yang telah ditetapkan sesuai dengan Nationally Determined Contribution (NDC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesalahan peramalan, yang dihitung dengan Mean Absolute Percentage Error (MAPE), metode GMEF(1,1) lebih kecil dibandingkan dengan metode GM(1,1).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 25 Aug 2023 04:30
Last Modified: 25 Aug 2023 04:30
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15633

Actions (login required)

View Item View Item