Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP TINDAKAN COVER LAGU YANG DIUNGGAH MELALUI PLATFORM YOUTUBE BERDASARKAN UNDANG–UNDANG NOMOR 28TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA_102 Dagang 2023

Ulayya, Kautsar Dewi and Santoso, Budi and R. Suharto, R. Suharto (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP TINDAKAN COVER LAGU YANG DIUNGGAH MELALUI PLATFORM YOUTUBE BERDASARKAN UNDANG–UNDANG NOMOR 28TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA_102 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hak Cipta dihadirkan untuk melindungi ciptaan, terutama karya di bidang pengetahuan dan seni. Musik adalah salah satu jenis karya seni yang saat ini dilindungi oleh Hak Cipta karena menjadi salah satu seni yang tidak dapat terlepasdari masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah harus melindungi karya seni musik,baik dari penciptanya maupun dari musik yang dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem perlindungan hukum terhadap pencipta lagu yang karyanya di cover di Platform YouTube. Pada saat inikarya musik termasuk obyek karya yang dilindungi menurut peraturan perundang-undanganmengenaiHak Ciptadi Indonesia. Metode pendekatan yang digunakan dalam penulisan hukum ini adalahyuridis empiris. Sedangkan spesifikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis. Jenis dan metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalahdata primer dan data sekunder. Data primer berasal secara langsung di lapangan dengan Teknik wawancara, sedangkan data sekunder meliputi bahan hukum primer dan bahan sekunder. Metode analitis data yang digunakan penulis adaalah metode analisis kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Perlindungan Hukumterhadap pencipta lagu atau musik saat ini tengah diupayakan oleh pemerintah melalui pemberian peraturan dan pemberian sertifikasi bagi pemusik guna melindungi hak ekslusif yang dimiliki oleh pencipta musik. Adapun pendampingan dan pengawasan yang dilakukan oleh lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah untuk mendaftarkan karyanya sebagai wujud perlindungan dari hak cipta.
KataKunci :Musik, Hak Kekayaan Intelektual, HakCipta

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Musik, Hak Kekayaan Intelektual, HakCipta
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 27 Oct 2023 07:46
Last Modified: 27 Oct 2023 07:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15618

Actions (login required)

View Item View Item