Search for collections on Undip Repository

PENGGUNAAN PLATFORM ONLINE SINGLE SUBMISSION INDONESIA SEBAGAI MEDIA PENYELENGGARAAN PERIZINAN BERUSAHA BERBASIS RISIKO BAGI USAHA MIKRO DAN KECIL DITINJAU DARI PERATURAN PENGGANTI UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2022 TENTANG CIPTA KERJA_078 Dagang 2023

ISMAWARTI, NOVIA and Saptono, Hendro and Mas’ut, Mas’ut (2023) PENGGUNAAN PLATFORM ONLINE SINGLE SUBMISSION INDONESIA SEBAGAI MEDIA PENYELENGGARAAN PERIZINAN BERUSAHA BERBASIS RISIKO BAGI USAHA MIKRO DAN KECIL DITINJAU DARI PERATURAN PENGGANTI UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2022 TENTANG CIPTA KERJA_078 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perpu Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja menggaungkan kemudahan perizinan berusaha bagi pelaku usaha mikro dan kecil dengan penyederhanaan perizinan melalui sistem OSS berbasis risiko yaitu menerbitkan Nomor Induk Berusaha (NIB) berupa perizinan tunggal sebagai legalitas. Namun, tidak sedikit pelaku usaha mikro dan kecil yang tidak mengetahui kelanjutan kegiatan usaha setelah mendapatkan legalitas. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah yuridis-normatif menggunakan metode studi kepustakaan yaitu pengumpulan data sekunder berupa bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Berdasarkan hasil penelitian, Pelaku usaha wajib memiliki legalitas berupa NIB yang diterbitkan oleh lembaga OSS. Terbitnya NIB menimbulkan hak dan kewajiban sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia terkait cipta kerja yang perlu diketahui, dipahami, dan dipenuhi oleh pelaku usaha khususnya usaha mikro dan usaha kecil guna mengembangkan dan memajukan usaha. Pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan usaha juga perlu diketahui agar terhindar dari penjatuhan sanksi.
Kata kunci: Legalitas, Usaha Mikro dan Kecil, OSS Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Legalitas, Usaha Mikro dan Kecil, OSS Indonesia
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 27 Oct 2023 09:13
Last Modified: 27 Oct 2023 09:15
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15603

Actions (login required)

View Item View Item