Search for collections on Undip Repository

EFEKTIVITAS LIPOSOM PARIJOTO (Medinilla speciosa) TERHADAP EKSPRESI GEN COX-2 SECARA IN VIVO

Ismah, Azhar Fadhilah and Sasikirana, Widyandani and Dini, Intan Rahmania Eka (2023) EFEKTIVITAS LIPOSOM PARIJOTO (Medinilla speciosa) TERHADAP EKSPRESI GEN COX-2 SECARA IN VIVO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (AZHAR FADHILAH ISMAH-22010319140072-KTI-ABSTRAK)
AZHAR FADHILAH ISMAH-22010319140072-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (22kB)

Abstract

Latar Belakang: Polutan mengandung senyawa Benzo[a]piren (B[a]P) menjadi salah satu sumber radikal bebas seperti Reactive Oxygen Species (ROS) yang dimetabolisme di hati, dan merugikan karena merusak struktur maupun fungsi sel. ROS meningkatkan ekspresi gen COX-2 melalui jalur persinyalan TAK1-MAPK/NF-B. Parijoto memiliki sifat antioksidan yang berguna untuk mengatasi ROS, dan efektivitasnya ditingkatkan dengan enkapsulasi menjadi liposom.
Tujuan: Mengetahui efektivitas liposom parijoto terhadap ekspresi gen COX-2 pada darah tikus yang diinduksi B[a]P.
Metode: Penelitian menggunakan desain post-test only RCT. Dimulai dengan ekstraksi parijoto, purifikasi ekstrak parijoto, formulasi dan evaluasi liposom parijoto, induksi i.p tikus menggunakan B[a]P, pemberian liposom parijoto p.o pada tikus dengan dosis 25, 50, dan 75 mg/kgBB, isolasi RNA darah tikus, serta analisis ekspresi gen COX-2 menggunakan qRT-PCR Kit Universal.
Hasil dan Kesimpulan: Hasil fold change menunjukkan ekspresi gen COX-2 yang mengalami up-regulated pada kelompok kontrol negatif dan kontrol liposom, kelompok perlakuan liposom parijoto dengan dosis 25 dan 75 mg/kgBB, serta kelompok perlakuan fraksi etil asetat parijoto. Ekspresi gen COX-2 mengalami down-regulated pada kelompok kontrol positif dan kelompok perlakuan dengan dosis 50 mg/kgBB. Hal ini menandakan bahwa fraksi parijoto yang dienkapsulasi dalam bentuk liposom dengan dosis 50 mg/kgBB efektif menurunkan ekspresi gen COX-2.

Kata kunci: COX-2, Liposom, Parijoto, ROS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: COX-2, Liposom, Parijoto, ROS
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 28 Aug 2023 06:15
Last Modified: 28 Aug 2023 06:15
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15584

Actions (login required)

View Item View Item