Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM BAGI AFILIATOR DALAM PROGRAM AFILIASI SHOPEE_081 Dagang 2023

Ashiddiqi, Zein Sakti and Saptono, Hendro and Muhyidin, Muhyidin (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI AFILIATOR DALAM PROGRAM AFILIASI SHOPEE_081 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan teknologi membawa perubahan signifikan dalam ekonomi, terutama melalui era ekonomi digital. Platform e-commerce seperti Shopee mengalami peningkatan pesat dengan praktik jual beli online. Program afiliasi Shopee menawarkan peluang bisnis bagi afiliator yang dapat mempromosikan produk Shopee dan mendapatkan komisi dari penjualan. Namun, perjanjian kemitraan antara Shopee dan afiliator menimbulkan polemik terkait perlindungan hak afiliator. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesesuaian isi pada kontrak program afiliasi Shopee dengan format perjanjian baku menurut hukum positif Indonesia dan untuk mengetahui bagaimana keseimbangan antara hak dan kewajiban afilliator Shopee dalam kontrak pelaksanaan program Afiliasi Shopee sebagai cerminan dari perlindungan hukumnya.Penelitian ini menggunakan metode pendekatan masalah dan pendekatan deskriptif-analisis untuk menghubungkan peraturan hukum dengan teori dan praktek hukum positif terkait. Pengumpulan data melibatkan sumber data sekunder seperti literatur, penelitian terkait, dan pendapat ahli menggunakan model studi kepustakaan. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan mempertimbangkan logika dan penalaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontrak program afiliasi Shopee tidak sesuai dengan format perjanjian baku yang berlaku di Indonesia dan perlu menyeimbangkan hak dan kewajiban afiliator. Perlindungan hukum preventif dan represif diperlukan untuk afiliator. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kontrak program afiliasi. Shopee tidak sesuai dengan format perjanjian baku yang berlaku dalam hukum positif Indonesia. Perjanjian yang diadakan antara Shopee dan mitra afiliasi masih mengandung beberapa klausula baku yang tidak sesuai dengan asas keseimbangan berkontrak. Terdapat dua jenis perlindungan hukum, yaitu perlindungan hukum preventif dan represif bagi Afiliator.
Kata kunci: Perlindungan Hukum, shopee afiliator, program afiliasi Shopee, Perjanjian Baku, Undang-Undang Perlindungan Konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 27 Oct 2023 09:17
Last Modified: 27 Oct 2023 09:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15580

Actions (login required)

View Item View Item