Search for collections on Undip Repository

Kajian Mutu Berdasarkan Good Manufacturing Practices (GMP) dan Sanitation Standard Operating Procedures (SSOP) serta Kesiapan Penerapan Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) pada Produksi Enting-Enting Gepuk

Reyhan, Anindya A and Widyastuti, Nurmasari and Kusumastuti, Aryu Candra and Pramono, Adriyan Kajian Mutu Berdasarkan Good Manufacturing Practices (GMP) dan Sanitation Standard Operating Procedures (SSOP) serta Kesiapan Penerapan Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) pada Produksi Enting-Enting Gepuk. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Reyhan.pdf

Download (212kB)

Abstract

Latar Belakang : Enting-Enting Gepuk Cap Klenteng & 2 Hoolo merupakan perusahaan enting-enting gepuk pertama di Kota Salatiga. Usaha ini termasuk dalam golongan UMKM yang saat ini sedang mengalami perkembangan, dengan cakupan pasar meliputi berbagai kota di Indonesia. Oleh karena itu, studi ini berusaha untuk mengkaji pengendalian mutu berdasarkan GMP dan SSOP dan menilai kesiapan penerapan HACCP pada usaha ini.
Tujuan : Menganalisis proses produksi Enting-Enting Gepuk Cap Klenteng & 2 Hoolo ditinjau dari penerapan GMP dan SSOP.
Metode : Penelitian dilakukan pada Desember 2022-April 2023 di Kota Salatiga. Penelitian ini menggunakan desain analisis kuantitatif dan kualitatif dengan dimensi waktu cross-sectional. Subjek penelitian adalah usaha Enting-Enting Gepuk Cap Klenteng & 2 Hoolo. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan pemilik usaha dan observasi. Analisis dilakukan berdasarkan pemenuhan GMP dan SSOP, dan kesiapan penerapan HACCP.
Hasil : Analisis pemenuhan GMP secara keseluruhan termasuk dalam kriteria B (Baik), dengan kriteria lebih dari atau sama dengan 9 komponen mendapat nilai B (Baik), maksimal 6 komponen mendapat nilai C (Cukup), dan kurang dari 3 komponen mendapat nilai K (kurang). Analisis SSOP menunjukkan 5 parameter mendapatkan nilai Baik dan 3 parameter mendapatkan nilai Sedang. Berdasarkan rencana HACCP yang telah dibuat, diketahui masih terdapat kendala bagi perusahaan apabila ingin menerapkan HACCP.
Simpulan : Berdasarkan analisis yang dilakukan, perusahaan masih dinilai kurang siap apabila ingin menerapkan sistem HACCP.
Kata kunci : Enting-enting gepuk, gmp, haccp

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 24 Aug 2023 01:54
Last Modified: 24 Aug 2023 01:54
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15578

Actions (login required)

View Item View Item