Search for collections on Undip Repository

PENGARUH LIPOSOM BUAH PARIJOTO (Medinilla speciosa) TERHADAP EKSPRESI miR-21 SECARA IN VIVO

Setiawan, Alyalifah Balqis and Sasikirana, Widyandani and Dini, Intan Rahmania Eka (2023) PENGARUH LIPOSOM BUAH PARIJOTO (Medinilla speciosa) TERHADAP EKSPRESI miR-21 SECARA IN VIVO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak_Alyalifah Balqis Setiawan)
Abstrak_Alyalifah Balqis Setiawan.pdf

Download (115kB)

Abstract

Latar Belakang: Makanan yang dipanggang, dibakar, atau digoreng mengandung senyawa yang menyebabkan karsinogenik yaitu benzo[a]piren. Benzo[a]piren dimetabolisme di hati dan mampu meningkatkan ROS (Reactive Oxygen Species). ROS mampu meningkatkan ekspresi miR-21 sebagai oncomiR melalui jalur persinyalan NF-κB dan menyebabkan kerusakan sel hati. Untuk mengatasi ROS, dibutuhkan antioksidan eksogen sebagai hepatoprotektor seperti parijoto (Medinilla speciosa). Aktivitas antioksidan parijoto dapat meningkat dengan enkapsulasi lipid. Tujuan: Mengetahui pengaruh liposom parijoto terhadap ekspresi miR-21 pada jaringan hati tikus yang terinduksi benzo[a]piren.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain posttest only randomized control group design dan diawali dengan mengekstraksi parijoto dengan maserasi, purifikasi ekstrak parijoto dengan fraksinasi, formulasi liposom dengan thin layer hydration, induksi benzo[a]piren serta pemberian liposom parijoto dosis 25 mg/kgBB dan 75 mg/kgBB selama 4 minggu, dan analisis ekspresi miR-21 dengan RT-qPCR.
Hasil dan Kesimpulan: Fold change pada kelompok kontrol negatif mengalami upregulated, sedangkan pada kelompok kontrol positif, kontrol liposom, perlakuan liposom parijoto dosis 25 mg/kgBB dan 75 mg/kgBB mengalami downregulated. Dosis liposom parijoto yang memiliki pengaruh lebih besar pada penurunan ekspresi miR-21 adalah 75 mg/kgBB dengan nilai fold change sebesar 1488,87. Enkapsulasi liposom parijoto lebih efektif menurunkan ekspresi miR-21 dibanding dengan kontrol liposom.
Kata kunci: Antioksidan, Liposom, miR-21, Parijoto

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Antioksidan, Liposom, miR-21, Parijoto
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:18
Last Modified: 15 Jan 2024 07:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15550

Actions (login required)

View Item View Item