Search for collections on Undip Repository

Analisis Kandungan Zat Gizi Makro, Energi, dan Serat Pangan Food Bar Tepung Jagung dan Tepung Kacang Hijau Sebagai Alternatif Pangan Darurat

Fitriyah, Kholishotul and Ayustaningwarno, Fitriyono and Widyastuti, Nurmasari and Nur Afifah, Diana Analisis Kandungan Zat Gizi Makro, Energi, dan Serat Pangan Food Bar Tepung Jagung dan Tepung Kacang Hijau Sebagai Alternatif Pangan Darurat. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Kholishotul.pdf

Download (240kB)

Abstract

Latar belakang: Dalam kondisi darurat makanan siap konsumsi seperti food bar sangat diperlukan terutama pada fase I tahap tanggap darurat awal karena minimnya peralatan dan bahan makanan segar yang tersedia. Food bar dapat dibuat dengan mengombinasikan jagung dan kacang hijau agar dapat memenuhi standar gizi pangan darurat.
Tujuan: Menganalisis perbedaan kandungan zat gizi makro, energi, dan serat pangan pada 3 formulasi yang terpilih dan memilih 1 formulasi terbaik sesuai standar pangan darurat.
Metode: Penelitian eksperimental ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap satu faktor yaitu perbandingan tepung jagung dan tepung kacang hijau 7:3, 6:4, dan 4:6 dengan 3 kali ulangan percobaan. Uji kadar protein (Kjeldahl), lemak (Soxhlet), karbohidrat (by difference), energi (mengonversi jumlah protein, lemak, dan karbohidrat), air (thermogravimetri), dan abu (pengabuan kering) dengan 3 kali ulangan analisis. Uji kadar serat pangan total (multienzim) dengan 2 kali ulangan analisis. Data dianalisis dengan uji One Way ANOVA dan Kruskal Wallis. Pemilihan formulasi terbaik dengan additive weighting technique.
Hasil: Terdapat perbedaan yang signifikan pada kadar protein (p<0,001), kadar karbohidrat (p=0,016), dan kadar serat pangan total (p=0,010) pada ketiga formulasi food bar. Formulasi yang terpilih adalah formulasi dengan perbandingan tepung jagung dan tepung kacang hijau 6 : 4 mempunyai kadar protein 11,67%, kadar lemak 22,61%, kadar karbohidrat 53,98%, kadar air 9,31%, kadar abu 2,43%, kadar serat pangan total 8,61% dengan total kalori 233,06 kkal/50 gram bar yang terdiri dari protein 10,01%, lemak 43,66%, dan karbohidrat 46,33%.
Simpulan: Kandungan energi, protein, lemak, karbohidrat, kadar air, kadar abu, dan serat pangan pada food bar tepung jagung dan tepung kacang hijau sudah sesuai standar gizi pangan darurat.

Kata kunci: food bar, tepung jagung, tepung kacang hijau, pangan darurat

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 22 Aug 2023 09:43
Last Modified: 22 Aug 2023 09:43
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15548

Actions (login required)

View Item View Item