Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PEMANFAATAN PELAYANAN INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT (IVA) BERDASARKAN PERBEDAAN STATUS IBU YANG BERISIKO DAN TIDAK BERISIKO DI KABUPATEN MAGELANG

MABRUKAH, AINA (2023) ANALISIS PEMANFAATAN PELAYANAN INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT (IVA) BERDASARKAN PERBEDAAN STATUS IBU YANG BERISIKO DAN TIDAK BERISIKO DI KABUPATEN MAGELANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO AINA.pdf - Published Version

Download (428kB)

Abstract

Kesakitan dan kematian akibat kanker leher rahim dapat dicegah dengan melakukan tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA). Kabupaten Magelang melaksanakan pelayanan IVA, tetapi cakupannya mengalami tren penurunan. Penelitian bertujuan menganalisis pemanfaatan pelayanan IVA berdasarkan perbedaan status ibu yang berisiko dan tidak berisiko di Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan desain cross sectional. Populasi penelitian adalah semua wanita usia subur (30-50 tahun) di Kabupaten Magelang. Responden ditentukan dengan metode accidental sampling dengan jumlah setiap kelompok adalah 68 orang. Analisis univariat dengan tabel distribusi frekuensi sedangkan analisis bivariat dengan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pemanfaatan pelayanan IVA, kepesertaan jaminan kesehatan, dan persepsi terhadap ketersediaan sarana dan prasarana pada kelompok ibu berisiko dan tidak berisiko. Namun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat pengetahuan, sikap, persepsi kerentanan, aksesibilitas, persepsi terhadap dukungan tenaga kesehatan, kebutuhan, dan gaya hidup pada kelompok ibu berisiko dan tidak berisiko. Rekomendasi yang diberikan adalah Puskesmas dapat melakukan pemetaan faktor risiko pada keseluruhan ibu dan diseminasi informasi secara intensif untuk meningkatkan pemanfaatan pelayanan IVA.
Kata Kunci : Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA), Pemanfaatan, Status ibu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 22 Aug 2023 08:10
Last Modified: 22 Aug 2023 08:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15545

Actions (login required)

View Item View Item