Search for collections on Undip Repository

ANALISIS YURIDIS TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN JASA PENGURUSAN TRANSPORTASI (FREIGHT FORWARDER) DALAM HAL TERJADI KETERLAMBATAN ATAU KERUSAKAN BARANG_082 Dagang 2023

Damayanti, Nadia Alfira and Saptono, Hendro and R. Suharto, R. Suharto (2023) ANALISIS YURIDIS TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN JASA PENGURUSAN TRANSPORTASI (FREIGHT FORWARDER) DALAM HAL TERJADI KETERLAMBATAN ATAU KERUSAKAN BARANG_082 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan e-commerce yang pesat juga berpengaruh terhadap jasa pengurusan transportasi (Freight Forwarder) dikarenakan banyak orang yang tidak memiliki waktu dan membutuhkan orang lain untuk menyelesaikan berbagai kepentingannya, termasuk dalam hal pengiriman barang. Dalam hal ini, sudah sepatutnya perusahaan jasa pengurusan transportasi bertanggungjawab melindungi kepentingan pengirim dengan menjaga barang tersebut aman dan tepat waktu sampai di tujuan sesuai dengan kesepakatan yang dilakukan oleh kedua belah pihak. Namun, dalam praktiknya tidak dapat dipungkiri bahwa masih seringkali terdapat permasalahan terkait pengiriman barang. seperti kerusakan barang pada saat pengiriman dan pengiriman barang melebihi waktu yang telah disepakati. Hal-hal tersebut menyebabkan barang tidak dapat diterima dalam keadaan utuh atau terlambat sampai di lokasi tujuan sehingga berakibat pada kerugian yang dialami oleh pengguna jasa. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah yuridis empiris dimana mengkaji hukum dengan menggunakan fakta yang ada di dalam masyarakat melalui pengamatan langsung ke sumber data primer berupa wawancara subjek secara langsung ke perusahaan jasa pengurusan transportasi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tanggung jawab perusahaan jasa pengurusan transportasi terhadap barang yang dikirimnya tersebut sesuai dengan ketentuan Pasal 468 Kitab Undang-Undang Hukum Dagang, yakni dimulai sejak penerimaan barang tersebut hingga barang tersebut diserahkan kepada pemilik barang. Selanjutnya, untuk mengurangi risiko tanggung jawab, perusahaan jasa pengurusan transportasi harus mengasuransikan barang tersebut sebagaimana ketentuan Pasal 21 Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 59 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Usaha Jasa Terkait Dengan Angkutan di Perairan.

Kata Kunci: Jasa Pengurusan Transportasi, Perjanjian Pengangkutan, Tanggung Jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jasa Pengurusan Transportasi, Perjanjian Pengangkutan, Tanggung Jawab
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 26 Oct 2023 08:29
Last Modified: 26 Oct 2023 08:29
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15536

Actions (login required)

View Item View Item